Sunday 11 September 2016

Serangan HFMD (Hand, Foot and Mouth Disease) / Flu Singapur


Seminggu kemarin adalah seminggu paling 'enggak enak' bagi kami. Satu keluarga dimulai dari Ghani, terus gw dan kemudian Yusuf, kena HFMD dong :( Awalnya semua ini dari daycare, terus nular ke Ghani, terus karena gw suka cium2 bibir dia, suka share cutlery dsb jadinya ketularan, besoknya Yusuf mulai kena juga.

HFMD ini disebabkan oleh virus, jadi nggak ada antibiotik atau obat apapun untuk penyembuhannya. Cukup dengan banyak istirahat dan banyak minum air putih, virusnya akan ilang sendiri. Tapi kan jadi nya lama dong nggak sembuh-sembuh. Penyebaran virus ini yang paling common sih dari saliva, urine dan feces. Makanya anak2 dilarang masuk sekolah/daycare karena mereka kan suka nggak sadar sharing botol minum, atau anak2 yg masih suka ngeces ilernya suka tersebar di mainan yg bisa digigitin dsb. Masa inkubasi kira-kira seminggu.

Awal dari HFMD adalah nggak enak badan, demam, kemudian timbul bintik-bintik merah di tangan, kaki dan mulut (termasuk tenggorokan). Bintik merah ini ada yang sakit ada yang enggak. Untuk yang muncul di kulit bagian luar, rasanya sedikit ngilu dan perih kalau ditekan. Nah yang di bagian mulut, terasa sangat mengganggu karena rasanya seperti sariawan. Belasan atau bahkan puluhan sariawan kecil-kecil.

Kronologis kejadiannya juga membuktikan bahwa si virus ini cepet banget nyebarnya, huhuhu. Pokoknya nggak nyaman banget deh penyakit ini nih.

Minggu
Kita semua sehat-sehat aja. Siang ngajak Ghani ke city, tapi dia cuma bisa tidur siang sejam di stroller, abis itu kebangun dan nggak mau bobo lagi. Biasanya dia nap itu 3 jam, jadi kalo sampe jadi cuma 1 jam gini biasanya ada apa-apa nih. Bener kan, pulang-pulang dia rewel banget, nggak mau makan, dan badannya mulai anget sekitar 37-38. Melihat Ghani kayak gini gw langsung memutuskan Senin nya dia nggak usah sekolah dulu, dan gw jagain dia di rumah aja. Ghani juga ngiler terus, makanya gw langsung berasumsi anak ini teething. Sedikit ada batuk juga sih, dan kalau batuk bisa sampe muntah. Duh kasiannya...

Senin
Di rumah seharian. Ghani nggak terlalu rewel, panasnya juga stuck di 38-39 aja. Makan maunya jelly doang. Batuk masih suka muntah. Di bagian bawah bibir (deket dagu) tiba-tiba muncul 5-6 bintik merah. Miriiip banget sama dribble rash nya dia kalo lagi teething. Gw jadi makin yakin kalo molar teeth nya nih yang mau nongol. Malamnya dia udah lumayan oke, walau masih dikit-dikit nangis.

Selasa
Pas bawa Ghani ke daycare, ternyata di depan pintu kelasnya ada announcement kalo di centre itu lagi ada bbrp anak confirmed kena HFMD. Duh! Gw mulai mikir apa jangan2 Ghani kena ya.. Gw bilang ke carer nya, dia lagi rewel karena teething dan ada dribble rash di dagu. Oke terus gw tinggal deh. Baru keluar daycare, nyetir 2 menit menuju kantor eh gw ditelpon sama daycare nya. Mereka curiga Ghani HFMD karena ada bintik merah di nappy area dan di lidah juga. Akhirnya gw disuruh balik dan bawa dia ke dokter. Cepet2 telpon kantor deh, bilang hari itu dan kemungkinan the rest of the week gw nggak masuk. Bawa Ghani ke dokter, dan yes confimed dia kena HFMD. Dokternya bilang ati-ati parentsnya bisa kena juga lho, yang gw ketawain dalam hati karena ini virus kan umumnya nyerang toddler.

Selasa malam, gw mulai meriaang banget, badan nggak enak, tenggorokan sakit dan tiba-tiba demam sampe 39. 

Rabu
Ghani udah kembali ceria, makan udah mulai mau, yeaaaay.. Sementara gw tambah ambruk. Muncul red spots di tangan. Tenggorokan makin sakit, setelah diliat ternyata emang banyaaak banget blisters di area belakang lidah. Ini dia yang paling bikin menderita. Jangankan buat makan, untuk minum air seteguk aja susaaaah banget. Gw minum paracetamol dan ibuprofen untuk mengurangi sakitnya. Malamnya, Yusuf mulai demam.

Kamis - Jumat
Yusuf nggak kerja. Ghani alhamdulillah udah kembali sehat. Makan banyak, tidur lama, leloncatan sana-sini. Alhamdulillah dia nggak sampai harus mengalami punya blisters banyak di area mulut sampai nggak bisa makan. Gw dan Yusuf masih terus2an neggak vitamin C, ibuprofen dan paracetamol. Rajin kumur pake mouthwash khusus yang anti bakteri, dan pake Strepsil spray buat bikin inflamed area jadi rada kebal.

Sabtu-Minggu
Sebetulnya soal badan sih kita fit2 aja, cuma tenggorokan aja yang nggak tahan sakitnya. Karena kasian juga sama Ghani yang udah seminggu di rumah melulu, akhirnya kita jalan deh ke taman sebentar. Terus ke Carousel. Terus ke Watertown. Heheheheheh jadi banyak jalan-jalannya. Mulai Minggu sore gw udah merasa enakan, cuma Yusuf yang malah timbul blisters baru di tangan dan kaki. Sejak pagi sampai malam kita makan bubur terus. Nggak sanggup nelen yang keras-keras :(

Senin
Ghani sekolah lagi yeaaaay! Mama kerja wohoooo! Daddy ngantor.... 15 menit kemudian pulang lagi karena disuruh pulang sama bosnya. Hahahaha bosnya liat spot2 merah di tangannya terus langsung nyuruh pulang. Tenggorokan gw masih nggak enak, tapi sakitnya 'cuma' seperti lagi sore throat pas flu aja. Alhamdulillah ya Allah...

Pelajaran yang bisa diambil dari seminggu susah nelen adalah:
  1. Jangan ngeremehin penyakit anak kecil! HFMD memang UMUMNYA menyerang anak balita, tapi bisa juga ke orang dewasa. Ternyata gini lho kalo sampe ngenain orang dewasa, sakitnya banget-banget. Next time kalo Ghani sakit, justru kita harus lebih aware sama kesehatan kita sendiri daripada biasanya. Karena kalo anak sakit ortu sakit kan jadi kasian semuanya :( Jadi nggak maksimal dong urusan recovery anaknya.
  2. Sehat itu mahaaal harganya. Nggak bisa dibayar dengan uang berapapun. Kita mungkin mampu beli obat, tapi nggak ada obat yang bisa ngusir virus ini selain waktu. Time heals all wounds adalah benar adanya. Don't take things for granted. Something as simple as bisa nenggak air putih segelas disaat kepanasan aja, belum tentu semua orang bisa merasakannya lho. Bersyukur, bersyukur, bersyukur sama apapun yang kita punya/bisa lakukan dengan mudah sekarang.
Kasian juga Ghani selama seminggu ini banyakan nonton tv nya daripada activity nya. Iyalah, kita semua pada tepar kan, rasanya setelah meng entertain Ghani 2 jam sehari aja badan udah rontok hehehe. Semoga setelah ini semua sehat-sehat dan baik-baik aja amiiinnnn..

No comments:

Post a Comment