Wednesday 28 September 2016

Mindful Budgeting

Barusan baca blog nya Alodita yang lagi membahas soal decluttering, yang termasuk juga menahan diri untuk nggak terlalu gampang tergoda untuk belanja. Di article nya, dia refer ke blog nya Cait Flanders yang menerapkan Mindful Budgeting selama hampir setahun terakhir ini. Nah setelah diliat-liat, kayaknya boleh juga nih ditiru. Keliatannya sih susah-susah gampang ya. Susah karena pada dasarnya gw suka banget belanja, tapi juga gampang karena sebenernya gw juga suka menabung. Hahahaha.. Jadi gw tuh cenderung seneng belanja printilan yang murah-murah, kayak sepatu $10an lah, lipen yang lagi diskon 40% di Priceline lah, dll. Tapi gw juga merasa sangat ingin membikin angka di savings account kita pelan-pelan naik. Kayaknya kalo disuruh ngerem belanja ya bisa laah.. (harusnya)



Rencana nya, Mindful Budgeting ini akan gw terapkan selama 3 bulan dulu, terus liat gimana hasilnya. Kalo savings kita beneran nambah, pastinya kita akan jadi lebih semangat untuk ngajalanin ini terus. Kalo nggak ngaruh-ngaruh amat di savings, yaaaaaa berarti usahanya masih kurang hehehe.. Eh tapi nggak juga sih, karena tujuan nya nggak cuma nambahin saving, tapi juga mengurangi barang-barang yang nggak penting di rumah. 

Oktober - Desember 2016
  • Strictly banned from buying handbags and shoes
  • Baju di budgetin hanya $30/bulan/orang.
  • Nggak belanja buku. Beli buku hanya untuk Ghani, karena dia suka baca dan masih destructive terhadap buku-bukunya, jadi nggak  bisa pinjem di library. Buku Ghani $20/month. Beli di secondhand stores udah dapet banyak ini mah..
  • Makeup: strictly no lipsticks! Hanya boleh beli mascara, pensil alis dan bedak aja, itupun harus nunggu yang ada habis dulu.
  • Skincare: only the basics (facewash, lotion, sunscreen, serum and lipbalm). Habiskan yang ada dulu, baru boleh beli.
  • Takeout coffee: kalo lagi arisan/meet up sama temen aja. Kalo sendirian, always always harus bawa dari rumah.
  • Eating out: weekend only.
  • Ghani's toys: $15/month. Mainan udah cukup banyak, sekalinya beli pun biasanya di kmart yang rata2 harganya $15. Belum tentu setiap bulan beli mainan juga sih.
  • Strictly no furniture, kitchen and bedding stuff (sippy cups, plates, sprei, quilt, quilt cover, etc)
  • Basic groceries only (buy fancy ice cream only when on sale, basic toiletries and detergents only)
  • Entertainment: only Internet and Netflix. Go to the cinemas only once per two months.

Keliatan gampang kaaan? Yang harus di banned dari shopping list masih hal-hal yang nggak terlalu menggoda iman. Paling susah sih kayaknya membatasi jajan deh. Weekdays nggak jajan sama sekali hmmmm bisa nggak yaaa? Yusuf harus masak tiap hari nih hihihihi..

Expenses lain yang sifatnya wajib seperti misalnya phone bills, childcare fees, internet, netflix (ngga wajib sih tapi cuma $10/month jadi ngga rela stop subscribe hehehe), car insurance, health insurance, rent, home content insurance (buset insurance banyak amat) semuanya udah dibayar dengan system direct debit. Angkanya pun udah fixed tiap bulan sekian, jadi nggak bisa dikurang2in dari sini.

Semoga sukses berhasil program mindful budgeting iniii. Mari kita lihat sampe kapan kita bisa bertahan hehehe.. Terus ya, yang namanya godaan sih emang selalu ada aja. Pas lagi nulis postingan ini, tiba2 di WA group ada temen di US yang nawarin PO Kylie lipkit (lagi flat rate $5 international shipping) huhuhu.. Tapi karena semangat gw masih berkobar-kobar, jadi dengan tegas gw bilang "AKU ENGGAK PO" huaaaa...

Update: 5 hari setelah nggak ikutan beli Kylie Lipkit apa yang terjadi? Enggak ada, alias nggak kepikiran sama sekali. Gw beneran udah lupa. Ini artinya sebenernya gw nggak pengen-pengen banget beli, tapi biasanya karena excitement pas denger kata SALE jadi langsung decide untuk beli. Impulsive banget ini namanya sih. 

No comments:

Post a Comment