Tuesday 10 June 2014

Project Nursery and Baby Gear - Part 1

Walaupun untuk beberapa bulan pertama setelah lahiran nanti kita nggak belum punya dedicated nursery room buat si baby, gw tetep pengen ada satu space di kamar kita yang terlihat ke-bayi-bayi-an. Satu sisi tembok aja sih sebenernya, tempat dimana dresser nya nanti di pasang.
Naah, kemaren gw beli ini nih di etsy:


Cantik yaaa... Gw suka karena warna nya soft dan netral, cocok sama warna tembok kamar kita yang ungu (maklum masih nge-rent, blm bisa gonta-ganti cat tembok semau kita), dan maknanya baguus (itu kan doa bangun tidur dan sebelum tidur). Jarang-jarang gw liat wall art nursery yang berbau islam gini, karena biasanya gambar binatang melulu.

Moga-moga besarnya nanti soleh/solehah ya Naak, nggak kayak emaknya yang preman ini :D

Ngomong-ngomong soal project nursery, cuma ada 3 items yang bakal kita beli: baby bath yang tinggi jadi mandiin nya nggak pake bungkukin badan (kebayang pegelnyaaa) terus diatasnya ada changing table (buat ditaro di kamar mandi), dresser Aneboda di ikea biar matching sama punya gw, dan baby bassinet. Udah itu thok! Dari 3 ini, yang paling 'mahal' ya cuma Aneboda, karena bakal dipake paling lama. Sedangkan bassinet kemaren beli pas sale cuma $50 (dipakenya cuma 6 bulanan doang) dan baby bath+changing table nya blm beli.



Tadinya sebelum memutuskan untuk beli bassinet, kita berencana mau bikin co-sleeper sendiri. Udah bikin gambar design nya, udah liat-liat material nya di Bunnings, tapi dipikir2 kalo bikin sendiri kan berarti bentuknya udah 'skalek' gitu ya, nggak bisa di flatten down buat disimpen di gudang. Sedangkan bassinet ini ukuran kerdus nya waktu flat nggak terlalu makan tempat. Dan karena kebeneran juga dapet yg murah, yawes bikin co-sleeper sendiri dibatalin.


Ini nih kalo changing table nya diangkat (dibuka ke belakang, bukan bener2 dilepas) di bawahnya itu ada bak mandi. Makanya ditaro nya pun harus di bathroom soalnya kan bakal basah-basahan kena air. di bak mandi nya ini ada attachment selang kecil buat buang airnya ke wastafel. Terus yang gw suka juga compartment nya banyak, space buat naro nappies cukup besar, naro toilettries dan tisu basah dll juga cukuup.

Aneboda punya gw belinya udah 2-3 tahun lalu dan masih kokoh sampe sekarang, ini murah meriah lah yah, lacinya cukup spacious buat nyimpen baju bayi dan tetek-bengek nya. I'm happy with this, jadi rencanya mau beli yang sama percis.

Kenapa beli nya bassinet dan nggak sekalian baby cot aja, itu balik lagi karena 6 bulan pertama bayinya akan tidur di samping gw, biar gampang kalo tiba2 kebangun malem hari. Untuk naro babycot di samping bed gw yang sekarang space nya bener2 nggak cukup. Ini  juga gw seneng banget dapet bassinet yg ada wheel nya, jadi bisa digeser2 ke ruang tv atau dapur kalo emaknya lagi masak atau nonton tv series :)

Terus apa yang akan terjadi setelah 6 bulan dong? Belom tauuu, hehehehe.. Kemungkinan besar sih beli baby cot, tapi gw juga belum kebayang mau yang kayak apa. Yang sekarang harus dipikirin dulu itu carseat sama stroller nya.. Yak ampuun, gw juga kayaknya kebanyakan browsing kali ya, sampe pusing sendiri kebanyakan informasi jadi bingung mau beli yang mana. Stroller itu nggak murah sodara-sodaraa, mau yang merk bagus yang lagi ngetrend sekarang ini? Ada tuh Bugaboo yang harganya $1,000 atau 4moms Origami yang $1400-an :D



Ini udah diluar topic nursery room sebenernya, tapi yasudahlah dilanjutin aja ngomongin stroller. Kenapa susah nyari stroller yang cocok? Karena kriteria kita macem-macem, misalnya:
  • Cukup untuk newborn sampe toddler berat 17kg
  • Dudukan nya bisa di reverse, jadi anaknya bisa liat2an sama kita :)
  • Canopy nya besaar
  • Roda nya karet dan tough, karena bakalan sering dibawa outdoor jalan-jalan di park
  • 'Setiran'nya mantep, nggak terlalu ringan jadi nggak gampang ketiup angin
  • Ada space yang cukup besar untuk naro kantong2 belanjaan emaknya atau baby bag nya
  • Gampang di fold dan ringan untuk diangkat ke bagasi
  • Budgetnya $500-$600
Nah kemaren pas jalan-jalan ke Babies 'R Us udah nemu yang hampir sesuai sama yang kita mau, yaituuuu....

Steelcraft Strider Plus (ada versi 4 roda dan 3 roda)

Tapi kekurangannya ada 2 nih: nggak ada tempat naro minuman di handle nya (padahal kan gw suka jajan, repot banget kalo beli kopi harus ditenteng sambil dorong stroller), dan BERAT nya ini 12 kilo ajuaah.. Ya kalo gw jalan-jalan berduaan sama anak pas suami lagi kerja, bisa encok kali ya ngelipet dan ngangkatnya ke bagasi.

Untuuuung aja due nya masih lamaa, masih buanyak waktu buat nyari-nyari yang cocok. Sekarang gw udah agak eneg sih sebenernya browsing ginian, mungkin bulan depan baru mau research lagi, hahaha.. Sekaligus juga research carseat yang cocok. Aaah seneng yah emang kalo lagi ngubek-ngubek toko bayi, rasanya semua pengen dibeli deh.

Kayak kemaren nih pas di Babies R Us, ada yang namanya baby wipes warmer. Jadi container buat naro baby wipes, pake batre dan ada lampunya gitu, fungsinya ya menghangatkan tisu basah biar babynya nggak kaget kedinginan pas di lap.. Aaawwh, perhatian banget siihh yang bikin ini, kok kepikiran gitu lho?


No comments:

Post a Comment