Wednesday 25 June 2014

Pregnancy - 20 Weeks!

Selama kehamilan 20 weeks ini, kita udah ketemu dokter (umum) 3x, ultrasound 2x, dan ketemu midwife 2x. Nggak seperti di Indo, kalo disini itu yang lebih dominan justru midwife nya alias bidan. Bahkan yang deliver baby nya nanti pun midwife dan obgyn nya cuma dateng kalo ada masalah aja. Dan bedanya lagi, ultrasound disini juga dilakukan terpisah. Kalo biasanya di Indo itu ketemu obgyn bisa sekalian USG, disini mah harus bikin appointment sama radiology, yang nanti report nya baru dibacain sama midwife nya. Ribet yee..
 
Waktu ketemu midwife yang pertama, dikasih berbagai informasi banyak banget. Segala macem brosur tentang makan sehat, tentang perkembangan kandungan week by week, tentang prenatal classes apa aja yang bisa gw book di rumah sakit itu, dsb. Termasuk juga di dalem record book kita itu dicatet berat badan dan ukuran perut. Jadi diukur berapa cm dari pusar sampe di pubic bone. Oh iya, sama dengerin heartbeat bayinya juga. Lucuu deh, waktu pertama denger masih week 16 itu masih nggak terlalu jelas suaranya. Tapi pas week 20 kemaren ini jelas bangeet, kayak lagi disco di dalem perut :D
 
Naah, selama ini kan gw concern banget soal berat badan. Soalnya baru hamil 5 bulan mosok berat gw udah naik 4 kiloo. Yusuf juga bilang sama midwife nya, khawatirnya nanti kalo sampe naik 12 kiloan kan jadi rawan diabates untuk bayinya. Karena kan naiknya itu bakal banyak di bulan2 ke 7-8-9 gitu. Eh malah 'dimarahin' sama midwifenya. Katanya nggak bener ituu, apalagi riwayat kesehatan gw nggak ada keturunan diabetes sama sekali. Kecuali sehari-hari nya kerjaan gw tiduran doang sambil makan permen dan coklat, baru deh boleh khawatir. Nah masalahnya temen gw ada nih yang selama hamil itu naiknya cuma 4 kilo, dan bayinya sehaat lahir gemuk lucu gw lupa brp kg tapi di atas 3kg deh berat bayinya. Kan kan aku juga pengen kayak gituu.. Mana menurut midwife nya ukuran perut gw nggak berlebihan, untuk 20weeks itu harusnya 20cm tapi gw cuma 19cm, jadi masih oke sih..
 
Ya pokoknya yang penting bayi sehat deh yaa, kalo ibunya bisa cepet balik ke berat badan sebelum hamil sih itu tambahan aja. Duh mau beli belly bandit sekarang masih kecepetan pula ya, soalnya kan ukurannya harus sesuai sama ukuran hamil 7 bulan :S
 
Terus concern yang kedua adalah soal kekurangan vitamin D. Selama ini gw minum vitamin D + calcium yang kapsul gitu, ternyata dosis nya kecil cuma sekitar 1000U kalo nggak salah. Jadinya gw disaranin untuk pake liquid vitamin D, 2,5ml aja itu udh sama dengan 5000U (dosis maksimum vit D untuk orang dewasa per hari). Lebih repot sih, karena minumnya pake syringe dan rasanya aneh. Tapi demi bayi sih apapun dilakuin deh :)
 
Nanti ketemu midwife lagi di week 24, terus liburan ke Sydney Melbourne, baru deh abis itu ketemu obgyn nya untuk pertama kali. Mudah2an dokternya 'asik' ya, hehehe.. Nggak sabar mau jalan-jalan nih, rasanya lamaa banget nunggu tanggal 1 agustus itu. Kita udah minta cuti 2 minggu sih, walaupun perginya bakalan cuma 10 hari, lumayan sisanya bisa dipake istirahat. Pasti capek kan tuh hamil2 gitu jalan terus.
 
Oh iyaa btw kita udah tau gender bayinya apaa.. Kenapa nggak mau surprise, karena ini penting bow untuk menentukan warna baju dan perlengkapan lain yang harus dipersiapkan dari sekarang. Pokoknya kita seneng bangeet, alhamdulillah sesuai sama tebakan kita-kita dan sodara2 yang lain. Sama seperti calon orang tua yang lain, harapannya kan pasti anaknya yang penting sehaat, mau perempuan atau laki itu nggak masalah deh, asal jadi anak soleh/solehah yang hatinya baik dan sayang sama orang tua ya Naakkk *ciuummmm*
 


4 comments:

  1. Glad to hear your little one is doing great. Berarti due nya November dit? Mine due on November 11 if everything goes as planned. Sehat terus yaaa..

    ReplyDelete
  2. Sariii, congrats! I hope you have a smooth pregnancy sampe lahiran... You know what, mine is due on the EXACT SAME DAY 11 November! hahahahaha... kok bisa barengan sih.. udah tau blm gender nya apa? nanti playdate yaa kalo kita liburan ke jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh hahaha, masih bisa geser sih dit, tapi ya based on LMP tanggal itu yang keluar, literally 2 weeks before our 3rd wedding anniversary so it's really a special delivery. Nanti July 2nd aku ada 5 months appointment baru bisa liat, kemarin belum. Tapi aku sama Marco sih 99% positif it's gonna be a baby girl since i'm very emo. You know what, inget Tasya sama Nicky dari SMP kan? They're both pregnant too, cuma beda 1-2 minggu sama kamu dan aku. So there's are four of us!

      Delete
    2. Haaa, ya ampun lucu banget sih Saar, gadis-gadis smp lugu ini udah pada mau jadi ibuk2! Mudah2an sehat dan lancar terus yah sampe lahiran nanti, ditunggu foto2 newborn nyaaa..

      Delete