Wednesday 6 January 2021

Haloo 2021!

Sejak 2019, udah jarang banget posting. Soalnya keasikan sama Instagram sih, disitu kan kalo lagi kepikiran sesuatu gampang banget tinggal post story aja, tulisan iseng2 alay dan jayus juga di post tanpa pikir panjang dan tanpa ragu, karena toh tulisan itu cuma bertahan 24 jam πŸ˜„ Jadilah ini blog cuma dianggurin aja sekian lama...

Tiba-tiba, rasanya mendadak banget, pas mau nulis lagi eh lho lho lho KOK UDAH TAHUN 2021 aja!  Tahun kemaren cuma posting 1-2 kali, ngapain ajaa? Kita survived 2020 guys! Tahun 2020 emang nano-nano banget rasanya. Banyak kagetnya, banyak sedihnya, banyak senangnya, dan banyak juga kejadian yang nggak disangka-sangka. Di tengah2 pandemi, gw found out kalo gw lagi hamil anak ke tiga πŸ’“ Nggak nyangka banget kaaann.. Memang kita bercita-cita pengen punya 3 anak, tapi kemarin setelah Gibby lahir ya rasanya udah bahagia banget sih. Kalo 'cuma' punya 2 anak pun nggak papa banget. Dan saat itu gw lagi mikir2, umur udah segini, kalo memang mau punya anak ke 3, kayaknya jangan pas umur gw udh 35 ke atas deh. Alhamdulillah kok ya pas banget, baby ke 3 ini rencana nya akan lahir ketika usia gw 34.

Sebelum hamil dan pas lagi mikir2 soal kapan hamil lagi, gw sempet ragu juga sih sama diri sendiri. Ih bisa nggak ya kita jadi ortu yang bener, yang adil, yang 'pantas' untuk membesarkan 3 anak? Pokoknya pikiran gw saat itu cenderung 'meremehkan' diri sendiri. Eh setelah tau hamil, gw malah jadi pede banget. Allah udah kasih kita rejeki dan kepercayaan untuk kita merawat 3 anak, berarti kayaknya kita bisa nih. Nggak mau sombong, tapi ya insyaAllah kita udh lebih lihai dan tau 'celah'nya supaya bisa bagi energi, waktu dan perhatian secara adil dan merata ke 3 manusia kecil yang hatinya pasti masih sehalus kulit pipi mereka. 

Memasuki 2021, kali ini gw nggak punya rencana dan resolusi apapun. Pokoknya belajar dari tahun lalu, nggak usah pasang target, nggak usah punya cita-cita setinggi langit dulu. Jalanin aja apa yang ada di depan mata. A big chunk of the year, sekitar 10 bulanan, akan gw habiskan di rumah as part of my maternity leave. Bercita-cita untuk jadi mama yang asik dan cool selama 10 bulan itu aja gw nggak berani 😁 Jadi ya back to teori 'jalanin aja' dulu lah... I'll let the year surprises me with its jokes and ups and downs.. Apakah tau2 gw akan jadi tiger mom, atau bakal jadi mama santai, we'll see.. Apakah akan bisa travelling dan mudik? Kayaknya sih 90% kemungkinan enggak deh.. 

Oh ya kalo boleh gw berkesimpulan soal 2020 nih, hidup orang itu nggak ada yang ideal sempurna di segala aspek. Pastiii setiap orang ada sedihnya ada nggak puasnya, ada nelangsa nya. Jadi gw kudu belajar untuk nggak terlalu gampang kecewa karena ekspektasi2 gw yang nggak terpenuhi. Jujur gw orangnya gampang banget down hanya karena gw nggak bisa melakukan hal-hal yang gw mau. Misal, pulang kantor gw bercita-cita mau vakum rumah. Tapi ternyata nggak bisa terjadi karena Gibby interupsi melulu (rebut vakum cleaner nya, pengen bantuin tapi you know anak 2 tahun maksa ngevakum kan jatohnya lebih ngerepotin yah daripada bantuin). Itu bisa bikin gw ngerasa duuh rumah kok berantakan dan kotor banget, duh banyak banget kerjaan rumah numpuk yg blom gw kerjain. Duh kok jadi working mom gini amat ya udah capek di kantor, di rumah ga cukup waktu untuk maintain supaya rumah tuh bersih. Capek ati capek fisik. Dan dah duh dah duh lainnya sampe berkepanjangan dan mood berantakan. Sampe segitunya cuma gegara gw harus menunda keinginan ngevakum selama beberapa hari 😌 Kebayang dong gimana gw biasanya menyikapi 'kekecewaan' di hal2 lain yang lebih signifikan? Bisa nangis bombaayy...

Untuk let go dan lebih santai tuh rasanya susaah banget kalo di otak ini udah punya keinginan/target tertentu. Setelah dikasih banyak pelajaran dan test kesabaran di tahun 2020, kayaknya gw bisa nih untuk berubah jadi agak lebih ikhlas dan nrimo sama keadaan apapun. Terus, jd bisa appreciate hal-hal keciil, karena cuma itu yang setiap harinya bikin hati adem. Pokoknya harus bisa! Kalo ngga bisa, ya rugi amat udh ngelewatin begitu banyak lika liku kehidupan tapi gw nya nggak 'naik kelas'. Eh tapi kalo ternyata ngga bisa dan masih gini-gini aja juga gapapa laah, kan tadi niatnya emang gamau pasang target apa2. Jalanin aja dan ngga pasang ekspektasi apapun. Moga-moga jadi lebih gampang melangkah, cihiiy..

Walau yah, kalo bisaaa... Semoga dunia ini ada sedikit kemajuan deh di tahun 2021. Nggak berani beraharap seluruh dunia akan recover dari pandemi, tapi setidaknya ada apaa gitu kek sedikiit aja harapan supaya tahun ini nggak se horror tahun kemarin.

No comments:

Post a Comment