Tuesday 28 July 2020

Pandemi 2020

Ih kok udah lama banget nggak cerita apa2 nih. Padahal kita-kita lagi ada di masa pandemi yang layak diabadikan loh. Ini kan bagian dari sejarah, di era se modern ini, dimana ilmu kesehatan udh berkembang banget dan tentunya orang-orangnya juga lebih pinter, ternyata masih nggak imun juga kita dari takdir pandemi. Kalo diinget2, kehebohan coronavirus ini udah berjalan sekitar 5 bulanan, sejak Februari/Maret 2020. Wow 5 bulan itu lumayan lama lhoo..

Cara kita menjalani kehidupan jadi beda banget, walaupun bisa dibilang efek dari pandemi buat kita sekeluarga bisa dibilang minimal. Cuci tangan jadi 10x lebih sering dari biasanya, menjaga kebersihan in general jd lebih thorough, sekarang lebih penting bawa hand sanitiser daripada bawa cash, dll. Rencana liburan jadi batal, bukan kita nya aja yg ngga jadi liburan, tapi keluarga yang dari Indonesia pun nggak bisa ketemu sama kita dulu disini. Border ditutup, proses karantina yg belibet (lama dan mahal), plus stress melulu kalo baca berita, bikin kita jadi makin nggak mau travelling dan nggak mau terima traveller dulu.

Tapi kita jadi lebih appreciate small and constant things. Seperti yang gw bilang tadi, efek pandemi buat keluarga kita bisa dibilang minimal, karena kita berdua masih sama2 punya kerjaan, dan jam kerja pun nggak dikurangi sama sekali. Tahun2 sebelumnya, entah setiap ulang tahun atau tahun baruan, gw selalu mikir "nggak ada peningkatan apa2 tahun ini, kerjaan masih di tempat yang sama dan gitu-gitu aja". Sekarang persepsi gw jadi berubah, malah alhamdulillah wa syukurilah banget kita masih stay di titik yang sama, di saat jutaan orang lain kehilangan pekerjaan gara-gara covid ini. Begitu juga dengan anak-anak, gw nggak harus berjibaku sama online based learning karena sekolah Ghani masih buka seperti normal (tentunya dengan protokol kesehatan yang cukup ketat). Untuk Gibby, gw justru merasa diuntungkan banget dengan adanya program childcare gratis selama kurleb 2 bulan. Ini salah satu usaha pemerintah utk boost ekonomi, supaya essential worker tetep bisa kerja dengan tenang dengan nitipin anak2 di childcare, dan juga supaya orang2 yg kerja di childcare industry tetep punya kerjaan. Again, dengan mematuhi protokol kesehatan yg ketat tentunya.

Mulai bulan lalu, beberapa restirctions udah dilonggarkan. Kegiatan rame-ramean udah dibolehkan. Dine in di resto udh boleh (social distancing still apply), mall mulai aktif kembali. WA termasuk state yang jumlah penderita Covid nya paling sedikit se Australia. Saat ini yang lagi parah adalah Victoria sama New South Wales. Entah kenapa, orang-orang sana banyak yang nggak taat aturan. Ya mudah-mudahan mereka akan belajar dari states2 yang nggak populer kayak WA, SA dan NT ya. Sedangkan di Indonesia, duh hopeless banget kl liat berita2nya. 

Sediih, keluarga dan teman-teman banyak yang 'terkurung' disana nggak bisa kemana2, dikelilingin orang2 yg masih banyak nggak mau nurut sama aturan. Kasian juga banyak yang kurang mampu yang memang gak punya pilihan lain selain kerja dan nggak mungkin untuk maintain social distance. Sampai detik ini kita masih nggak ada yang tau, kapan bisa tatap muka langsung, ketemu langsung sama keluarga. Padahal Papa Mama juga udah nggak muda lagi. Papa udah 74, Mama udah 57. Sering kalo kepikiran, misalnya amit-amit terjadi apa2 sama mereka, atau sama gw, kita nggak bisa ketemu (terakhir ketemu udah 1,5 tahun yg lalu)... Bikin sedih, trus jadi anxious dan jantung berdebar. Hiks.

Aku ngga butuh liburan refreshing2, cuman mau spend time sama keluarga aja. Pengen liat ortu dan mertua main2 sama cucu2 sekedar sambil nyemil gorengan di teras atau sambil ngadem  dan leyeh-leyeh di kamar. Nggak menyangka juga yah, kebahagiaan se simple ini ternyata 'mahal' sekali harganya :) 


No comments:

Post a Comment