Tuesday 7 January 2020

Korban Iklan

Gw nih salah satu orang yang paling mudah kemakan iklan. Padahal dulu kuliah jurusan Public Relations & Marketing, yang salah satu mata kuliahnya adalah Advertising. Jadi gw tau banget lah nih orang-orang di balik layar sebuah produk akan kerja keras jungkir balik berusaha bikin produknya keliatan menarik supaya laku. Produk2nya sendiri jelas nggak harus up to standard yang diiklankan, tapi mereka mah nggak peduli. Yang penting kejual dulu, heboh dulu, lebih bagus lagi kalo bisa jadi trend. Masalah nanti orang akan beneran suka/balik lagi untuk repurchase ya itu sih urusan nya bagian product development.

Nah gw tuh paling lemah kalo produknya adalah makanan! Udah deh gampaang banget gw kerayu sama gambar/iklan tv/adegan orang makan di film. Dulu pernah nonton film dokumenter soal dampak buruk junk food, judulnya Supersize Me. Disitu ada lah beberapa junk food yang disorot dengan cara menjijikan (tall double burger yang berantakan, ayam goreng yang super greasy tetesan minyaknya dilebay2in, pizza full keju dan daging, tanpa sayur). Orang yang nonton jadi pengen banget lah hidup sehat. Emang bener, setelah nonton itu ada perasaan pengen makan yang seger2 macam buah dan salad. Tapi yg gw lakukan malah ke KFC beli ayam goreng ๐Ÿ˜” 

Adegan ayam berminyak tadi itu malah bikin gw jadi pengen banget ngerasain crunch nya kulit KFC  hahahah. Kadang nonton film korea, jadi pengen ikutan makan Bibimbap. Liat tutorial masak di instagram, jadi pengen ikutan juga. Yang paling sering terjadi belakangan ini sih kopi sama boba kayaknya. Kalo udara lagi panas banget, dan tau2 ada yang posting foto iced coffee atau boba di instagram, langsung tuh gw ngacir ke gerai kopi/bubble tea terdekat.

Di peringkat 2, gw gampang kegoda sama iklan pakaian. Bukan iklan juga sih sebenernya, tapi lebih kayak display di mannequin, atau foto2 baju di online shop. Udah tau bentuk badan gw beda jauh ya sama modelnya, eh kok tetep maksa beli. Berharap kalo pake baju yang sama nanti tau2 bisa sekeren si model/mannequin. Yaa nggak mungkin lah yaaa... Entah berapa kali gw belok masuk toko hanya karena baju yg dipajang keliatan bagus, trus kadang males mau nyoba dulu di fitting room. Alhasil yaa, udah deh tuh kebeli barangnya, yang belum tentu cocok.

Masih sejalan sama baju, di peringkat 3 godaan adalah makeup dan skincare. Ini literally liat iklan skincare di tv gw bisa lho langsung ngacir ke chemist/browsing online untuk beli. Misal nih ada iklan anti aging, bikin gw langsung mikir "iiih kulit gw sama nih kayak ibu2 di iklan di tv yang udh mulai kerut-kerut". Padahal ya udah tau banget jugaa kalo itu ibu kerutnya keliatan berkurang bukan karena cream ini, tapi karena editaaaan.. Gw masukin ini ke peringkat 3 karena sekarang gw udah mendingan banget, nggak separah dulu lah kabita nya.

Di jaman instagram sekarang ini, kan banyak tuh influencer yang dibayar buat advertise suatu produk. Biasanya sih berbalut review. Gw nggak terlalu gampang kena racun nih kalo gini. Biasanya emang keliatan banget sih mereka jualannya. Dan paling sebel kalo inti dari review nya cuma "SEEEE-BAGUS ITUUU guys kamu harus coba". Standard, ga ada effort lebih (atau emang ga cukup kreatif) untuk kasih deskripsi yang jelas dan engaging. Kayak gini bisa gw bilang gagal iklan karena si produsen jadi terlihat desperate. Tapi di sisi lain mereka juga punya fans/followers garis keras yang akan beli apapun yang mereka iklankan sih yaa..

Oke balik ke permasalahan korban iklan, enggak sadar kok ternyata sifat ini jadi nurun ke Ghani. Dia bisa lho lagi anteng nonton tv, tau2 ribet banget nanya2 kertas sama painting kit nya dimana. Pokoknya dia mau lukis-lukis, saat itu juga detik itu juga biar samaan kayak yang lagi tayang di tv. Kadang lagi baca buku juga tau2 ribet sendiri pengen apple juice. Usut punya usut, ternyata cuma gara2 ada satu baris kalimat di buku yang menceritakan si tokoh utama lagi nge-jus. Di Ghani sih masih termasuk manageable karena dia bisa dibilangin, mau denger lah kalo dikasitau kita ngga punya apple juice. Tapi kalo di gw kan parah yah, secara pengen apa tinggal berangkat, atau tinggal click online. Satu2nya pencegah ya emang cuma self-control hehehe.. Dan 2 tahun terakhir ini harus diakuiiii bahwa self control gw udah lumayan banget jadi lebih baik cihiiy..

Awalnya karena niat untuk mengurangi gaya hidup konsumtif. Kayaknya gw pernah cerita deh dulu, kalo consumerism gw tuh sebenernya untuk hal yang kecil2 dan tergolong murah, tapi cukup sering. Alhasil di rumah jadi numpuk barang, dan itu kan nggak baik yaa. Kalo gw sih orangnya mudah beli dan mudah let go juga, barang2 yang nggak terpakai pengen banget gw donate ke Salvos gitu. Tapi Yusuf orangnya suka nyimpen. Sukanya mikir sayang kalo dibuang/di donate, nanti kalo tau2 butuh gimana.

Jadi disitulah di mulai perjuangan gw melawan hasrat kemakan iklan, tujuannya memang untuk mengurangi clutter juga di rumah (dan mengurangi berat badan). Untungnya gw bukan yang liat foto kulkas jadi pengen kulkas, liat iklan BMW jadi kudu beli juga sih. Masih reasonable lah sadar diri tau budget dan aware sama kemampuan. Tapi ya ituu, semakin susah kan kalo godaan nya yang within our reach, kayak nggak bisa menghindar gitu ๐Ÿ˜

Oh iya goal tahun ini juga, gw mau lebih pinter ngatur duit. Udah dari tahun lalu sih, plus mau build up savings, pokoknya mau monitor expenses dengan lebih akurat, jadi emang kudu harus gak kemakan iklan sama sekali nih. Seminggu ini gw belum jajan bubble tea sama sekali walapun liat iklan nya dimana2 and it's a big deaaall lho. Mudah2an bisa lanjut konsisten begini yak, biasanya kan hangat di awal aja namanya juga masih january...


No comments:

Post a Comment