Thursday 7 June 2018

Bentol-bentol :(


Jadi hari kamis minggu lalu pas gw day off itu, kan seharian berdua Ghani di rumah, nah gw kekepin deh dia pake baju kaos lengan panjang + wondersuit + winter robe karena cuaca emang lagi dingin banget. Selain hujan angin, temperatur di dalam rumah pun nggak sampai 10 derajat. Udah naluri seorang ibu kayaknya pengen keep her children warm.

Emang karena anaknya nggak mau diem, main-main lah dia lelarian di rumah sambil kejar-kejaran sama shadownya sendiri, bolak-balik lari ambil buku dan balikin buku. Tapi nggak sampe keringetan sih, karena kan dingin. Eh besoknya muncul bentol-bentol besar dan merah2 di seluruh badan. Beneran serem deh, nggak pernah kayak gitu soalnya. Gw curiga ini pasti a bad case of keringet buntet alias prickly heat rash (yang artinya naluri gw kemaren mau anget2an itu salah dong). Karena beneran dia ngos2an lari tapi tanpa ada keringet yg keluar, karena pori2nya nggak cukup melebar utk ngeluarin keringet.

Besoknya, tambah paraah. Malah sampe ke muka segala dan dia mulai pengen garuk-garuk badan. Lalu muncul sariawan 3 biji: dinding mulut kanan, kiri dan bibir. Lengkap dehh. Yang bentol merah2nya sih nggak terlalu mengganggu, tapi si sariawan ini yang bikin dia nangis kesakitan melulu. Waktu dibawa ke dokter, kata dokternya bentol merah itu lebih ke reaksi alergi, jadi diresepin Phernegen sebagai antihistamine. Plus ditambah steroid juga. Steroidnya nggak kita kasih dulu sih, karena kayaknya terlalu keras.



Ini udah berjalan 3 harian minum obat, emang si bentol merah udh lebih membaik. Kempes, dan warnanya udh berangsur pink bukan merah lagi. Tapi sariawan nya itu masih gak sembuh2 (ya iyalah orang baru 3 hari). Tiap bangun tidur nangis-nangis kesakitan, disuruh minum obat juga sakit jadinya nangis2 nggak mau. Setelah dibujuk2 akhirnya dia mau juga minum obatnya dengan air mata berderai + bibir bergetar sambil ngucapin mantra "rabbits are brave, rabbits are baaaaveeee.." ala Peter Rabbit :D

Jadi emang timingnya nggak asik banget ini si sariawan muncul pas dia harus minum obat alregi. Gw sih curiga sariawan nya gara2 dinding mulut banyak yang luka kena electric toothbrush. Emang sebenernya masih agak kegedean buat Ghani, karena harusnya utk anak umur 5 tahun. Tapi dia lagi semangat banget sikat gigi pake itu, dan kalo dia semangat kan kita juga jadi seneng dikit-dikit nyikatin giginya. Mungkin agak berlebay nyikatnya, jadilah sariawanan begini :(

Untungnya dia masih mau nurut. Makan buah dikit-dikit mau, breakfast witbix selalu abis, minum air putih walaupun sedikit tapi masih mau, makan berat kayak nasi dan lauk gitu sih gw kasih sehari sekali aja (biasanya makan siang) dan malemnya cuman makan yg ringan-ringan kayak yogurt dan strawberry jelly. Kadang dikasih eskrim juga, lumayan lah bikin perut ada isinya tanpa harus ngunyah2 amat ("Tapi intake gulanya bagaimana Bu apakah tidak dipertimbangkan?", ujar seorang dokter anak). 

Senin kemarin itu pas kebetulan public holiday, jadi kita bisa monitor Ghani. Nah hari ini nih hari pertama dia masuk daycare lagi. Pagi-pagi tadi gw siap-siap berangkat kerja seperti biasa, tapi keputusan kerja atau enggak nya tergantung gimana Ghani pas bangun tidur. Eh ternyata dia nampak seperti biasa2 aja, walaupun masih meringis2 kesakitan terus. Sambil breakfast sambil main puppeteer dan baca buku, masih mau ngobrol dll. Cuman gw takut abis bangun tidur siang ini nanti gimana nih, soalnya dia masih selalu nangis pas bangun tidur mulutnya kaku gitu.

Gw berencana pulang jam 2 untuk jemput Ghani lebih cepet dan bisa comforting dia pas bangun tidur (manjain amat ya i knoooww), eh tapi last minute tadi bos gw pulang cepet. Anak istrinya udah pada kena gastro di rumah, terus dia mulai ke toilet melulu dari pagi. Alhasil sama manager gw dia disuruh pulang deh sebelum nularin gw wkwkwwkwk.. Mestinya gw bilang ya, daripada gitu mending saya aja yang pulang Paaak.. Alhasil gw jadi harus ngetraining 2 anak baru deh, huhuhu.. Paling lambat jam 4 deh gw usahakan udah cabut dari sini.

Update: ahamdulillah setelah 4 hari (yang rasanya kayak 4 minggu) Ghani berjibaku dengan bentol-bentol dan sariawan, dia udah bisa ceria lagi dan ini fotonya pas lagi latihan bobo di pesawat pake bantal leher :D


No comments:

Post a Comment