Monday 16 July 2018

Mudik Lebaran 3 Minggu (Juni 2018)


Akhirnya postingan yang kutunggu-tunggu muncul juga: cerita tentang liburan kita sekeluargaaa yeaaaayyy! Memang ini bakalan agak-agak lebay, tapi maklumin aja lah wong udah 2,5 tahun nggak mudik lhoo.. 

Timing liburan kali ini juga pas enak banget nih. Kita berangkat di hari pertama Idul Fitri, minggu depannya dateng ke acara lamaran Arya, dan minggu depannya kita balik ke Perth. Secara durasi dan waktu sih rasanya 3 minggu itu udah cukup banget. Less than 3 weeks bakal ngga puas, tapi lebih dari itu juga kayaknya kelamaan dan nggak akan terasa fun nya lagi deh.

Hidup selama liburan, kerasa banget didominasi oleh GoJek dan GoLife. Mulai dari jajan dan nyoba2in makanan random, sampai meni-pedi, pregnancy massage dan hairdo untuk lamaran semuanya pake service Gojek. Betul-betul kerasa memudahkan hidup banget deh Gojek ini. Service cepat, harga reasonable. Cuma satu yang kita kurang happy: beberapa kali order GoCar dapetnya Blue Bird, dan selalu supirnya judes kayak terpaksa banget ambil order kita. Mending nggak usah diambil ordernya deh Pak kalo ngga mau/ngga suka sama tujuan nya, daripada ambil tapi rese nyetirnya dan komunikasinya.

Anyway, dari segi jajan-jajanan sejujurnya gw kurang puas, karena banyak banget restriction nya buat ibu hamil. Nggak makan sushi (disini juga enggak sih), nggak makan padang (karena makanan nya nggak fresh, entah udah berapa lama makanan2 itu dipajang diluar), nggak makan sate (same reason, nggak tau dagingnya udh berapa lama dipajang sebelum dibakar), nggak makan oncom, nggak minum es2an kayak es kelapa muda (siapa tau airnya atau es batunya terbuat dari air mentah). Meskipun begitu, tetep seneeeeng banget, bisa makan ketoprak bubur ayam jajan pasar, dumdum thai tea, nugget pisang, martabak, basoo.. Hadeuuh langsung ngileerr..

Terus kita ajak Ghani kemana aja? Selama di Jakarta sih mostly ke mall ya (haloo Kokas!). Sempet ke Taman Legenda TMII, tapi karena saat itu keadaan nya lagi kurang kondusif, sayangnya kita  jadi sedikit kurang enjoy. Pas lagi puanaaas banget dan ramai, jadi Ghani kurang semangat liat dino nya. Tapi dia seneng naik kuda pony, naik kereta2an, nemenin Daddy dan Om Arya gowes sepedah, dan naik delman. Lumayan seru sih, dan masih untung banget saat itu panas, bukan hujan. Kalo hujan bener-bener nggak ngapa2in deh jadinya, karena semua activity nya outdoor.









Kita juga ke Jakarta Aquarium di Neo Soho. Gw lebih suka ini daripada SeaWorld, karena isinya lebih bervariasi. Nggak hanya binatang laut aja, tapi mereka juga punya albino snake, terus ada beberapa hewan sejenis wombat gitu. Ada touch pool nya juga jadi anak-anak masih bisa pegang starfish. Cuman nggak ada terowongan aquarium aja. Jangan khawatir, ada objek yang lain seperti mermaid show yang nggak kalah menarik kok. Dari segi jarak dan tempat, jelas lebih mudah aksesnya ke Neo Soho daripada ke Ancol. Kita naik taxi pulang pergi cuman 20 menit saja, dan karena ini mall, jadi urusan jajan dan makan juga mudah. Struktur mall nya sangat aneh sih, dan nggak ramai karena masih baru banget. Waktu browsing websitenya Jakarta Aquarium, gw baru tau kalo pengelolanya adalah Taman Safari Indonesia, jadi bener2 beda sama SeaWorld yaa, walaupun konsepnya mirip.





Selain dari 2 itu, Ghani main di semacam playland di Lottemart dan muter-muter pake Zoomoov di Kokas dibonceng Omnyah huahahaha.. Selain itu, Ghani gw bawa-bawa ketemuan sama temen-temen (cuma 2 kali siih) di mall, sibuk acara keluarga di rumah, dan ke acara lamaran Om Arya.

Lalu kita ke Malang seminggu. Ini udah kayak tempat rekreasi Ghani banget deh. Kita ke Jatim Park 3, Batu Secret Zoo di Jatim Park 2, dan Taman Safari Prigen. Sama seperti waktu di Taman Legenda, Ghani juga ternyata kurang enjoy main di Jatim Park 3 yang objek utamanya adalah dinosaurus. Akhirnya kita berkesimpulan bahwa dia tuh takut/ngeri/nggak suka sama segala makhluk yang bentuknya patung/robot. Yah padahal anaknya tiap hari ngomongin dinosaurus melulu lho. Dikit2 dino land, dikit2 nyebut semua nama dino in alphabetical order, topik obrolan apa aja sama dia dipepetin ke dinosaurus. Eeh pas ketemu dino beneran kok keok..

But he had a blast at the other two zoos! Ter highlight nya sih di Batu Secret Zoo dia bisa ngasih makan dan nunggang gajah! Sama seperti dino, elephant itu juga salah satu hal yang paling di favoritin sama Ghani. Segala gajah deh, sampe gajah asli yang nggak cute, nggak cantik, buluan dan kulitnya spotty gitu dia tetep suka. Pokoknya habis itu nggak berenti ngomongin gajaaaaah. Kita juga impressed banget sama BSZ, menurut kita ini versi lebih bagusnya Perth Zoo. Yakin deh kayaknya yang bikin BSZ nih pernah main ke Perth Zoo, terus dalem hati berpikir "aaah gw bisaa bikin yang lebih bagus dari ini", tring! Dia bangun deh BSZ. Bahkan logo 2 bonbin ini aja perciss loh!








Lalu kita juga ke Taman Safari Prigen, disini Ghani juga seneeeng banget ngasih makan binatang dari dalem mobil. Kita sempet turun ke taman bermainnya untuk (sekali lagi) foto sama gajah, liat dolphin show + foto bareng, dan nunggang kuda pony. Baru pengen foto bareng tiger, eeh ujan derees banget. Tapi nggapapa, karena emang tanpa foto sama tiger pun udah puas banget main disana.









Kita usahakan nggak ada waktu yang terbuang selama berlibur, tapi juga cukup istirahat. Jadi biasanya kita selang-seling. Hari ini kulineran (bisa jajan gojek aja dari rumah, bisa nge mall santai), besoknya ke tempat wisata. Selang-seling gitu. Alhamdulillah selama liburan Ghani nggak sakit sama sekali, cuman bentol aja digigitin nyamuk kakinya. 2 hari sebelum balik ke Perth, tiba2 gw panas tinggi (38.8C aja sih tapi kan katanya bumil nggak boleh panas sampe 39). Mungkin kena virus, mungkin kecapekan aja. Badan rasanya ruontoook sampe cuma bisa tiduran nggak bisa bergerak.

Udah tuh sehari aja gw nggak enak badan, besoknya udah enakan. Eeh gantian Yusuf yang panas tinggi. Jadi di pesawat dia lemes aja gitu mau tidur nggak enak, mau makan nggak napsu, badan juga masih panas. Sampe Perth kondisinya nggak membaik, malah tambah parah. Ke dokter, tes darah dsb nya, berujung.....


Kudu diopname diaa. Ternyata kena demam berdarah ya ampun... Kasian banget, sampe lemes, muka merah karena demam, trombosit turun jadi 20an (yang normalnya 150). Di rumah sakit dia opname kira-kira 4 harian, sekarang udah pulang tapi masih istirahat di rumah karena trombositnya belum normal2 banget dan masih suka lemes kalo kebanyakan duduk. Enaknya sih tiduran aja. Jadi sampe sekarang masih trauma nih pak Yusup untuk kembali lagi liburan ke Indo hehehehe..  Ini udah ke dua kalinya dia kena DBD setelah liburan. Sebelumnya tahun 2013 juga persis sama kayak gini, beberapa hari setelah mendarat di Perth langsung opname.

Selain cerita sedih itu, gw (dan Ghani terutama) puas banget sih liburan kemarin ini. Cukup waktu catch up sama keluarga, sama temen-temen, dan bener-bener relax keluar dari rutinitas sehari-hari. Setelah balik kesini memang seminggu pertama kerasa beratt banget karena Yusuf sakit dan gw sempet drop lagi dan masih harus mondar-mandir ke rumah sakit (dan berakibat gw harus minta extra cuti 1 minggu). Tapi mulai hari ini udah kerasa bener-bener balik ke rutinitas biasa dan ternyata ada rasa kangen juga sama kegiatan gini.

Rencana nya sih next mudik pas Arya nikah, insyaAllah bulan Februari atau Maret tahun depan. Tapi nanti nggak mau lama2 deh. Mungkin seminggu di Jakarta dan seminggu di Malang aja. Kalo bisa nggak lebih dari 2 minggu. Kayaknya chance untuk kena penyakit aneh2 akan lebih kecil kalo disana cuma sebentar. Gw nanti akan bawa bayi lhoo, jadi yang dipikirin kesehatan 4 orang nih. Dan Ghani bakalan udah masuk sekolah juga, jadi ada alasan untuk cepet balik ke Perth hehehe.

Next plan adalah, bersih-bersih rumah dan persiapan penyambutan bayi nomer 2 yang (kalo sesuai rencana), lahir pertengahan Oktober. Itu 3 bulan lagi, atau 12 weekend lagi. Cuma ada 12-24 hari waktu kita untuk mempersiapkan kamar bayi, cuci-cuci baju newborn, dan beberes yang belum beres. Huaah, semangat dan degdegan banget rasanyaa..

No comments:

Post a Comment