Tuesday 29 May 2018

Menyambut Adulthood

Illustration by Alyssa Nassner

Sebenernya milestones/kejadian/hal-hal apa sajakah yang bikin kita merasa "wow, I'm an adult!"? Buat gw terus terang bukan kejadian2 seperti masuk ke dunia kerja, pernikahan, punya anak, dan hal-hal sejenisnya. Tapi apa coba tebak? KEGIATAN BAYAR-MEMBAYAR BILL! Oh satu lagi, sama menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan juga. 

Bayar bill sehari-hari itu, kalo di list ada banyaak banget. Mulai dari yang 'jelas' dulu deh ya, kayak misalnya bayar mortgage sama makan dan kebutuhan sehari-hari. Eh taunya masih ada pengeluaran untuk asuransi. Asuransi juga macem-macem amat, ada asuransi kesehatan (1 keluarga), asuransi mobil, asuransi bangunan dan isi rumah. Terus tau-tau muncul bill listrik, air, gas. Eits 3 bulan sekali juga masih harus bayar pajak mobil. Terus bayar uang council tahunan, itu kayak setoran ke Kecamatan buat maintenance lingkungan rumah. 

Belom lagi bayar childcare yang harganya lebih mahal dari uang sekolah :(

Kok tau-tau belum sempet nabung duitnya udah abis buat urusan bayar-bayaran aja? Pantesan mau liburan kok susah amat, ternyata ini sebabnya yang bikin kita ga punya budget berliburrrr. Padahal dibilang gaya hidup hedon mah enggak juga lho.. Kita mostly makan di rumah, makan2 di restoran gitu bisa diitung pake jari deh, paling cuman 2-3x sebulan. Restorannya pun bukan yang wow fine dining lho, tapi yang biasa aja. Belanja barang-barang yang mahal dan nggak perlu2 amat juga hampir gak pernah. Eh tapi emang sini lemah sama diskon sih orangnya. Itupun jarang juga kok bener deh.

Jadi kita salah dimana ya? Asuransi yang kita join itupun itungannya yang wajib-wajib aja, bukan yang extra2 gitu modelnya. Gaya hidup juga middle class banget lah. Untuk belanja mingguan aja kita biasanya 'belajar' isi katalog dulu untuk nentuin beli barang X lebih murah di toko A atau B. Tapi memang strategi2 kayak gini nih yang bikin gw merasa "iih ini adulting moment aku bangeet".

Diskusi kita kalo lagi memandangi spreadsheet pengeluaran itu pasti end-up nya di "Do we bite more than we can chew?". Oke katakanlah emang iya, tapi terus dari neraca pengeluaran juga udah ga ada lagi yang bisa dikurang-kurangin. Mau pindahin Ghani ke childcare yang lebih murah? Bisa, tapi pasti kualitasnya nggak sebagus dan se fleksibel yang sekarang, dan kasian amat kalo harus adaptasi lagi. Cari polis asuransi yang lebih murah? Bisa juga sih tapi enaknya nunggu nanti setelah melahirkan aja.

Menurut gw ini bagian dari idup sih yaa, maksudnya bukannya terus gw merasa hidup kita nelangsa. Hahaha ya enggak lah, soalnya gw tau yang senasib sepenanggungan sama kita mah pasti banyaaakk.. Rata-rata orang pasti ngerasa "loh gajiku kenapa cuman numpang lewat aja?" tapi masih bisa kemana-mana naik mobil, bisa jajan KFC dan nasi padang kalo lagi malas masak, masih bisa santai nonton Netflix pas lagi nganggur, dsb.

Di instagram nih gw lagi seneng follow akun2 yang suka berbagi tips soal budget lifestyle. Mereka suka bagi-bagi info soal sale apa aja yang lagi on di setiap supermarket (biasanya pedoman hidup mereka adalah "It ain't bargain if it's less than 50% off!"). Lalu ada juga tips2 shopping in bulk dan berbagai macam meal prep yang bisa stretch out bahan2 masakan sehingga bahan yang sedikit bisa jadi banyak porsi. Gw juga seneng follow akun2 indonesia yang berbagi resep. Kan jadi ada ide mau masak apa kalo lagi bingung, daripada jatohnya jajan melulu.Kalo gini kan gw jadi seneng dan menikmati atur-atur budget. Beneran jadi termotivasi deh untuk mencari celah supaya bisa saving more and more.

Setelah sadar pengeluaran bulanan kita sebanyak apa, next step nya adalah kudu menyesuaikan lifestyle kita sama kemampuan dong. Lifestyle disini maksudnya di luar expenses rutin kayak groceries gitu yaa.. Sadar nggak sadar, mungkin gw sempat ter-influence oleh socmed (mostly Instagram) dalam hal menentukan standard gaya hidup. Misalnya nih, gw melihat seorang selebgram yang day job nya nggak jelas dan hanya ngandelin endorsan tapi kok bisa hidup mewah banget? Berarti kita sebagai double income family juga harusnya bisa gitu dong? Jangan2 sebenernya kita mampu kayak dia, tapi sok2 susah nih..

No, no, no jangan salah kaprah sister! Ingat! Don't ever compare your behind the scenes with someone else's highlight reels! Kita kan gatau, dibalik postingan hedon orang-orang itu aslinya hidupnya gimana, atau what sort of struggle they had to go through to achieve that lifestyle. Untuk bisa sampe pada mindset kayak gini juga bagi gw adalah proses pendewasaan diri banget looh. Coba bayangin, ngikutin perasaan (pengen ikut-ikutan) kan memang jauh lebih mudah daripada pake logika dan menyadari realita yang ada. Cihiiiiyyy!

Hidup mah mana ada yang enak terus ya kan? Pasti adaa aja struggle nya dan hiccup2 kecil disana sini. Tapi itu justru bagian dari rejeki lhoo.. Dikasih kesempatan ngerasain ngatur keuangan sendiri, nyicil ini itu berdua dll. Artinya kita udah independen, nggak tergantung orang lain lagi dan udah dewasa :)) Kesannya iye banget padahal perjalanan masih panjaaang buibuu.. Intinya harus pinter-pinter menikmati semua keadaan, semua milestone, mau susah mau seneng. Pinter cari temen senasib (even if it's just virtual friend that you never/rarely meet in real life) karena circle kita itu ternyata ngaruh banget sama gimana cara kita memandang suatu masalah.

Adulting milestones buat tiap orang pasti berbeda. Kalo ini sih dari sisi kami aja ya. Tapi gw bisa bayangin bagi mereka yang misalnya kerjaan sehari-harinya menghadapi client2 yang sulit, ditambah jam kerja dan job desc yang sangat demanding pula, pasti adulting moments nya adalah ketika bisa dapet 'celah' untuk menyiasati dan malah menikmati itu semua. Ini pasti prosesnya panjang dan lingkungan tuh juga ngaruh banget. Coba bayangin kalo circle mereka adalah orang2 yang suka mengeluh, pasti mereka jadi ikutan stress kan? Tapi kalo mereka ada di antara orang2 yang positif thinking, easy going with a purpose, pasti mereka akan kebawa punya attitude yang sama.

Soooo, kesimpulannya mungkin cobaan apapun dan proses adulting kayak gimanapun, kalo kita surround ourselves with positive vibes pasti jatohnya lucu-lucu aja! Sekarang tinggal gimana pinter2nya kita bisa punya circle yang positif, DAN harus pinter2 ngefilter apa yang mau kita denger! Yang kira-kira bikin down, biarin aja numpang lewat. Sedangkan yang positif2, kudu di print segede banner dipajang di kamar! Happy adulting :D

No comments:

Post a Comment