Sunday 8 January 2017

Ghani... Are you Okay?

Rasanya ini pertama kalinya gw merasa khawatir ketika ninggalin Ghani di daycare... Padahal sekarang umurnya udah 2 tahun, dan sehari-hari ditinggal disana baik-baik aja, hampir nggak pernah ada drama. Paling kalo rewel2 dikit gw tetep santai aja, mikirnya nanti kalo ditinggal toh dia bakalan langsung sibuk main/ngobrol2 sama carer nya. Dan emang bener selalu begitu.

Nah pagi ini berbeda banget. Routine nya dia kan biasanya bangun tidur, ganti nappy, minum susu dan nyemil, terus langsung gw angkut ke mobil. Biasanya karena kita berdua yg paling terakhir ninggalin rumah, Ghani gw kasih tugas jadi 'satpam' rumah alias bagian mencet tombol ON nya security alarm, sebelum kita masuk mobil. Tadi pagi kita skip ritual itu karena Yusuf masih di rumah. Ghani nggak rewel gimana2 sih, tapi pas gw dudukin di carseat, (seperti biasa) dia agak-agak nggak mau di strap gitu kan, tapi gw paksa duduk terus cepet-cepet pasang seatbelt nya.

Nah entah kenapa pas kejadian ini tiba-tiba dia ngeliatin gw dengan tatapan kecewa, sedih, sakit hati, pokoknya ngga pernah deh mukanya kayak gitu. Terus dia membik-membik, air matanya keluar deres. Tapi nggak ada suara nangis nya. Jadi dia kayak nangis kejer tapi ditahan-tahan gitu. Gw tanya berkali-kali "Ghani kenapa, Ghani kenapa? Are you okaay?" sambil di puk-puk diusap-usap pipinya. Nggak ngaruuuh. Anaknya tetep sedih siiis..

Perjalanan ke sekolah dia masih mewek tanpa suara. Berusaha meloloskan diri dari carseat tapi gagal. Pas mau diangkut masuk sekolah juga masih membik2 silent gitu. Duuuh sampe nyess banget liatnya ikut sediih. Biasanya dia ceria ketika masuk kelas, kali ini malah kayak orang bingung, peluk kaki gw, tapi agak ogah deket2 gw juga. Dipeluk di depan kelas, Ghani mulai ada suaranya nih nangisnya. Sampe carernya buka pintu, ngajak2 dia masuk dan dia seriuss geleng-geleng sambil merem dengan muka blotchy merah-merah nahan air mata. Carer nya sampe bingung, anak ini kenapaaa, nggak pernah banget kaya gini. Diajak play outside geleng-geleng. Diajak read book geleng-geleng. Diajak cuddle-cuddle juga nggak mauu.

Akhirnya gw gendong dan ajak dia main-main di kelas sebelah, maksudnya mau nyelimur dia biar ga sedih lagi. Lumayan sih dia berenti nangis, tapi ekspresi mukanya itu lhooo tetep sedihhhh banget-banget. Gw sampe kaget, apa bisa anak umur 2 tahun ngerasa kesedihan se 'dalem' itu cuma karena alasan yang nggak jelas? Pas dia udah tenang, akhirnya gw oper ke carer nya. Pas gw cium dadah-dadah dia diem aja, nggak mau eye contact segala pula.

Berkali-kali gw flashback ke kejadian menjelang2 Ghani mewek. Sampe sekarang masih nggak ketemu sebabnya apa. Semua yang gw lakukan itu rutin2 aja, nggak ada yg baru. Gw nggak ada marah/melotot ke dia, nggak ada bentak2. Tapi yang pasti sih sebabnya karena gw, soalnya selama itu kan dia lagi sama mamanya terus. Mending liat anak rewel nangis2 ngeselin deh, daripada kayak gini. It's the stare, the silent cry and the resentment that hurt the most :(

No comments:

Post a Comment