Friday 28 November 2014

Ghani's Birth Story !

3 minggu setelah melahirkan, akhirnya ada waktu juga untuk cerita. Huaahh, punya bayi itu rasanya sueeneeng luar biasaa, tapi juga full on bangeet.. Bener-bener 24/7 harus siaga terus. Anyway, kelahiran si baby boy alhamdulillah smooth dan nggak se traumatis yang gw bayangkan, thanks to epidural :)

Hari Rabu tanggal 5 November 2014, kontraksi udh mulai kerasa pas gw lagi tidur jam 3.30am. Belum terlalu sakit sih, cuma kerasa mules dikit terus ilang, jadi gw lanjut tidur sampe jam 6an, Bangun2 langsung nge cek hospital bag, terus jam 8an mulai nelpon hospital nya, katanya tunggu aja sampe interval kontraksi nya 3 menitan, baru berangkat kesana. Kebetulan rumah ke hospital cuma 5 menit jaraknya. 


Jam 9an kita ke konsulat dulu untuk pick up drivers licence nya mama yang barusan di translate. Maksudnya supaya kalo gw di hospital ada keperluan apa2 yang mendadak, mama bisa nyetir gitu kalo misalnya Yusuf nggak available. Sambil nunggu di mobil itu kontraksi nya udh kerasa semakin sakit tuh. Jam 10an mulai kerasa makin sakiit dan jam 12 siang gw ngerasa kayak ada 'blob' , something yang ngerembes di pad, ternyata itu air ketuban yang udah pecah.

Langsung telpon hospitalnya lagi terus disuruh kesana. Setelah masuk ke delivery room, dipasang strap detector kontraksi dan detak jantung bayi di perut, pasang2 infus dll, lalu jam 1 di cek ternyata gw udah bukaan 6. Nah mulai jam 2an ini kontraksi nya udh nggak lucu lagi, bener-bener yang sampe bikin nangiiis deh. Painkiller pertama yang dikasih kan gas, nggak ngaruuuuhh.. Cuma dapet capeknya doang ngehirup2 gas dari mulut, tapi rasa sakit nggak berkurang sama sekali.

Baru deh gw minta epidural nya dipasang. Udah nggak sanggup ngomong macem2, cuma bilang ke Yusuf doang "Ndut minta epidural ndut sekarang, sekaraang". Pasang epidural yang katanya jarumnya segede alat pompa ban pun udh gak ada rasanya, nggak ada apa2nya deh dibandingin sakitnya kontraksi. Setelah terpasang, enaak banget rasanyaa.. Bener2 yang gw bisa ngobrol, bisa mikir, dan nggak cuma nangis2 kesakitan doang.

Jam 4.45pm gw udh fully dilated. Mulai disuruh ngepush tapi karena pengaruh epidural, gw jadi nggak kerasa kapan harus ngepush kapan harus berenti. Akhirnya tunggu aba-aba midwife nya aja "yaa push sekaraang", "yaaa stop duluuu" gitu. Lumayan lama tuh nge push nya kira 30 menitan.

Kemudian jam 5.24pm lahirlah anak pertama kamii, Ghani Arshad Martoyuwono :)


Alhamdulillah Ghani lahir dengan sehat sempurna, lucuuu gemuk pipinya hihihi. Abis lahir itu dia langsung dibungkus wrap tanpa dibersihin duluu, dan dikasih ke gw untuk skin to skin. Terus ari-ari nya dijepit dan Yusuf disuruh nggunting. Waktu meluk Ghani untuk pertama kalinya, saking senengnya udh nggak peduli deh sama yang lain. Disuruh batuk sedikit untuk ngeluarin placenta aja gw nggak ngerasain apa-apa, hahaha..

Waktu lahir Ghani nggak nangis sama sekali, cuma matanya aja sibuk liat kiri-kanan. Waktu ngepush sih gw ngerasanya anak ini besar banget, tapi ternyataa beratnya cuma 2,7kg aja dengan panjan 47cm. Nggak papaaa, yang penting sehaat ya sayaang, tinggal digendutin aja badannya nih..


Setelah skin to skin, gw harus dibawa ke theater operasi untuk dijahit, lumayan banget gw masuk kategori 3rd degree tear, jadi jaitannya banyaak. Kira2 45 menit kemudian gw dibawa ke kamar dan baru bisa ketemu Ghani lagi deh.. Nggak nyaman banget sih malem pertama di rumah sakit itu, karena masih pake catheter, bekas jaitan masih sakit, kurang tidur dan capek karena abis ngelahirin. Semaleman hampir nggak tidur karena Ghani nangis terus. Di hospital sini emang nggak ada ruang bayi kayaknya, jadi semua bayi baru lahir langsung rooming in bareng ibunya. 

Welcome to the world, Ghani sayang! Semoga kamu selalu sehat, jadi anak yang soleh dan jadi kebanggaan Mama and Daddy yaa.. We love you sooo much, baby!

2 comments:

  1. Congrats again Dit!!!! Seneng loh gw dengernya ngelahirinnya ga sakit thanks to epidural hehehe...
    Pas dijaitnya sakit gak dit?

    ReplyDelete
  2. Sca, hahahahah gw baru bacaaaa komen lo! Ampun deh udah setahuun.. Ih beneran epidural membantu banget, tiap ketemu orang hamil pasti gw saranin pake epidural.. Tapi jahitannya sakit sih, karena gw 3rd degree tear kan, nyerinya sampe 4 minggu lebih huhuhuhu :(

    ReplyDelete