Wednesday 9 May 2018

Kejamnya Netijen

Sebetulnya foto ini nggak nyambung sama tulisan di bawah, tapi kayaknya kita butuh liat yang seger-seger dulu sebelum baca komentar netijen hahaha

Tau-tau udah bulan Mei aja, sebentar lagi udah mulai puasa! Nggak kerasa cepeet banget waktu berjalan, dan udah 3 bulanan nggak posting apa2 saking nggak ada bahan cerita :D 3 bulan terakhir ini sebenernya lumayan seru karena banyak public holiday nya, tapi kita nggak pergi kemana-mana yang jauh, jadi masih di sekitaran Perth aja. Jadi yaaa, no jalan-jalan story deh.

Yang akhir-akhir ini lagi kugandrungi sih forum-forum di DF huahahahahha. Tiap ada waktu luang di kantor selalu buka DF. Awalnya gw nyangkut di forum yang bahas soal cinta segitiga Gigi - Mamat - Att. Lama-lama bosen, terus ganti2 ke forum lain dan akhirnya sekarang mendarat di forum keluarga seorang diva jazz.

Konon si diva ini memang parenting style nya agak berbeda dari orang kebanyakan. Sejak proses lahiran, sampai cara makan dan tumbuh kembang si anak selalu menuai komen dari netijen (yang kayaknya sih equal ya komen positip sama negatipnya). Dari awal liat postingan sang diva gw mikir ini orang anti mainstream banget dan seperti ada misi mengedukasi publik bahwa cara yg benar dalam membesarkan anak adalah cara dia. Ya nggak papa sih ya, namanya juga first time mom, mamah baru anak 1 yang masih banyak belajar tapi sekaligus pengen sharing caranya ngurus anak. Dan seleb pula, jadi ibaratnya dia ngebiarin anaknya nyeker pun bisa aja gitu di bash netijen.

Kalo liat di instastorynya, emang kadang ada beberapa hal yang bikin gw mikir "kok gitu sih?" siiih.. Tapi ya udah gitu doang. Kayak misal ada adegan diva lagi nyusuin anaknya (direct breastfeeding) waktu siaran radio bareng penyanyi2 lain, tapi tanpa nursing cover. Jadi ya tshirt nya disibak ke atas aja gitu sambil dia duduk sebelahan sama seorang penyanyi cowok. Itu kan agak-agak bikin risih ya boow.. Gw sangat-sangat pro breastfeeding, tapi kan nyusuin di tempat umum ada etikanya juga.

Terus sang diva ini juga pingin keliatan bahwa punya anak tidak menghalangi karir dan pekerjaan dia menyanyi di berbagai daerah dan berbagai waktu. Tapi dia juga nggak mau pake nanny, which is good karena emang biar bonding ibu anak. Cumaaaa, kadang gw kasian liat anaknya yang masih kecil kadang keliatan lelaaah sis, karena kurang istirahat. Malem dibawa manggung, besok paginya udah ngejar flight untuk ke daerah lain, sorenya udah acara lain lagi. Kapan istirahatnya? Kan ciyaaan.. Tapi mungkin ibuk diva ingin anaknya fleksibel, bisa tidur dimana saja kapan saja sengantuknya. Okee baiklah..

Jadi pas gw baca forumnya, kebanyakan gw mengangguk-angguk setuju sama komenan sesama ibu2  menyangkut perihal di atas. Eh tapi lho kok komenan nya lama-lama jadi sadiiis. Mereka bilang  bajunya anak diva nggak keren, jelek2 dan itu2 melulu. Mereka komen tumbuh kembang si anak diva tergolong lambat. Pembelaan mereka, karena si diva sendiri yg pamer2 milestone anaknya dan suka dilebih2kan, padahal aslinya anak ini biasa2 aja. Nggak se wow yang dia pamerkan. Ya udah sih yaa, kalo emang lambat terus kenapa gitu. Akhir2nya ibu2 di forum ini malah suka pamer "anakku aja yang umurnya lebih muda kosakatanya udah lebih banyak". Jadi ada pamer terselubung gitu lho kesannya.. Gw cuman silent reader doang, mau komen takut juga dihantam rame-rame bahahaahah..

Terus pada komen juga soal suami si diva yang kalo ga salah sih emang managernya sang istri. Jadi doi ngintil melulu kemanapun diva pergi. Diledekin lah sama buibu, dibilang kudunya dia cari istri lain aja yg beres ngurus anak, terus ngga ngebabuin dia terus. Duh buibu, tau nggak.. Kalo orang udah menikah itu, namanya rejeki kan udah bukan rejeki buat si suami atau si istri lagi. Tapi udah rejeki keluarga, dan datangnya bisa lewat si suami atau si istri, atau lewat dua2nya. Udah nggak jaman deh mewajibkan suami jadi satu-satunya source of income. Lagian itu udah bukan ranahnya netijen buat komen juga, wong urusan keluarga masing2 ya. Kalo rejekinya ngalir lewat si istri terus kenape?

Gw termasuk yang suka komen dalam hati sih, tapi untuk join rame-rame kasih komen yang terlalu menjelekkan/memojokkan tuh rasanya gimanaa gitu. Tatuuutt.. Bukan takut sama orangnya, tapi takut karmaaa.. Ngata2in anak orang begini begitu (dengan alesan karena salah ibunya sendiri eksploitasi perkembangan dan foto/video anaknya melulu bla bla bla) tau-taunya amit2 anak kita atau cucu kita nanti juga mengalami hal yang serupa. 

Pokoknya intinya kalo mau berpendapat atau komen tuh baiknya jangan kebablasan sih ya. Which is easier said than done! Kalo udah masuk forum, ketemu 'temen-temen' dengan pemikiran yang sama kan pasti susah ya nahan napsu untuk gak kebablasan komen ngejelekin, or even worse.... ngehina. Tapi ini jadi pengingat gw juga sih sebagai orang tua, jangan terlalu eksploitasi anak di sosmed, apalagi pamer-pamer milestone. PASTIIII ada lah satu-dua viewer nya (walaupun itu temen kita sendiri) yang dalam hati komen negatip, ngeremehin, atau bahkan ngedoain yang jelek2 karena sirik/nganggap kita pamer :(

Duh tantangan hidup di dunia sosmed ya sis. Walaupun gw cuman orang biasa bukan selebgram bukan diva bukan artis, tapi kok rasanya ngeri. Follower gw di instagram juga ga nyampe 400, dan mostly gw kenal semua alias mereka itu temen2 atau sodara sendiri. Tapi kok ya tetep jadi takut kalo dihakimi orang lain... 

Ramadan kali ini kan gw ngga puasa nih karena hamil, apakah puasa makan & minumnya gw ganti puasa sosmed aja ya? Eh tapi kayaknya itu lebih susah deh daripada puasa makan minum hahahaah waduh puasa posting aja deh, tapi buka2 akun gosip dan igstory mah teteuup.. :D :D :D

3 comments:

  1. Gw termasuk yang suka komen dalam hati sih, tapi untuk join rame-rame kasih komen yang terlalu menjelekkan/memojokkan tuh rasanya gimanaa gitu. ---> ini gue juga hahahahah! Bahkan untuk gosip/komen ke temen sendiri aja sekarang takut misalnya karena gue ngga tau si temen berpendapat sama atau ngga ke gue.

    Beberapa bulan lalu, di Twitter gue sempet ikutan negur dokter yang cerita lucu tentang beberapa pasiennya yang mengalami gangguan jiwa (entah dia GP yang assigned di RSJ atau memang psikiater gitu). Karena ngebaca ceritanya yang gue anggap "inconsiderate", maka gue reply comment ke dokter itu, dan gue bilang "next time please be more considerate doc!". Dokternya terima comment gue, tapi followersnya (atau netijen lain) banyak yang bilang gue SJW (dan gue baru belajar soal istilah SJW saat itu juga haha). Itu ada kali 3-4 hari tab mention gue rameee banget mulai dari yang sependapat sama gue dan bertentangan. Efeknya bener-bener snowball karena tweet itu jadi perbincangan sampai beberapa hari kemudian.

    Cumaaa.. gue langsung memutuskan untuk ngga bales. Gue menghargai dokter itu yang udah bilang thanks ke gue dan janji kalau next time nge-tweet dia mau lebih considerate (ini apa sih bahasa Indo-nya considerate hahaha). Gue sih mikirnya simple, ini convo gue dengan dokternya, bukan convo gue dengan netijen. So, sejak itu gue bener2 semakin comment dalam hati deh!

    ReplyDelete
  2. Hahahah eh iya May, gw juga ga ngerti deh nih selebtwit selebgram tuh bisa sampe punya bala-bala yang siap tempur membela idola mereka sampe titik darah penghabisan gitu.. ngefans sampe segitunya apa bigimana yak? tapi emang ga bisa dipungkiri, liat komen2 netijen itu kadang dagelan dan hiburan juga buat kita ya hahaaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. gue mulai menjadi orang yang sering bacain comment di bawah caption gitu :D

      Delete