Tuesday 30 May 2017

MENGENALKAN ANGKA DAN HURUF PADA BALITA

Pasti dia lagi mikir "Hmmm, itu C-A-T bacanya COW apa CAT ya?"

Di usianya yang udah 2,5 tahun, Ghani nih masih belum lancar ngomong. Belum bisa diajak ngobrol conversation gitu deh. Gw sempet worry sih, tapi anak ini juga bukannya diem aja. Dia seneng nyanyi, seneng mainan role play tea party dan kereta2an sambil bergumam pake bahasa dia sendiri, dan juga seneng banget identify angka dan huruf. Jadi kalo diitung, kata2 yang dia bisa ucapkan ya udah ratusan, tapi belum bisa ngobrol.

Sebelum umur 2 tahun, Ghani udah lancar mengenali angka 1 sampai 10. Sekarang dia udah kenal angka sampai 20. Puas dengan angka, dia mulai belajar huruf dan sekarang ini udah hafal semua huruf A sampai Z. Nggak cuma tau hurufnya, tapi dia juga nyari kata-kata yang diawali dengan huruf itu. Misalnya kita tulis huruf F, dia bilang "F is for FISH!"lengkap dengan gaya berenang :D

Video nya bisa dilihat disini yaa. Kok sekarang kalo mau upload video harus video yg dari file kita sih, nggak bisa langsung naro video Vimeo gitu? Hmmm..

Carer nya di daycare sempet nanya kok bisa sih dia tau huruf dan angka, padahal temen2 seusinya belum terlalu minat sama 2 hal itu. Kita sempet surprised juga, soalnya kita pikir anak lain pun udah pada bisa. Tapi memang temen2nya Ghani ini udah lebih banyak ngomongnya, udah pada bisa jawab kalo diajak ngobrol. Sedangkan Ghani kalo ditanya mau sesuatu apa enggak, jawabnya cuma ngangguk atau geleng2. Kalo liat orang/foto, dia bisa bilang nama mereka siapa. Tapi ya udah 1 kata gitu doang jawabnya. Memang kepinteran dan minat anak kan beda-beda yaa..

Nah menjawab pertanyaan si carer, terus terang gw juga bingung nih. Kita kan tipenya selow banget, mana mau ngajarin angka dan huruf kalo anaknya nggak menunjukkan ketertarikan duluan heheheh. Awalnya, waktu umur 1,5 Ghani seneng nonton kartun NumTums, gw perhatiin kok dia nontonnya sampe diulang2. Terus dia juga seneng banget nonton Sesame Street, yang pas bagian "Number of the Day". Disitu dia mulai ngikutin, kalo Elmo bilang 7, dia juga bilang "SEVEEN!". Jadi mungkin kalo dari awal anak2 itu dikasih tontonan soal angka, lama-lama mereka tertarik sendiri ya?

Dari situ baru deh gw gambar-gambar angka 1-10 di board, terus gw kasih tau itu angka one, two, dst. Ini sekaligus aja sih langsung 10 diulang-ulang, jadi bukannya yang angka 1 diulang sampe dia ngerti trus baru move on ke angka berikutnya. Setelah dia hafal, angka nya gw acak urutannya dan ingetin dia lagi, one tuh kayak apa, two kayak gimana. Beberapa bulan sebelum ultahnya yang ke-2, Ghani udah bisa nyebut semua angka dan seneng ngitung. Misalnya kita lagi jalan di supermarket, aisle2 nya itu kan ada nomernya, nah dia selalu sebutin itu aisle berapa. Kalo dikasih cemilan, misalnya cereal atau biscuit, gw taruh beberapa di highchair nya terus dia itung dulu itu ada berapa sebelum dimakan. Hihihi lucu juga sih, liat angka dikit kayaknya nggak bisa untuk nggak ngomong itu angka berapa, dan apa2 suka diitung sama dia.

Di Sesame Street juga ada segmen "Letter of the Day", nah ini Ghani juga mulai tertarik sejak umur 2 tahun. Terus dari situ gw suka bacain buku Alphabet, yang ada gambar2nya. Ya udah, tiap lagi makan, kita sambil main tebak-tebakan huruf. Sambil nyanyi ABC, di kulkas kita tempelin magnet2 huruf dan alphabet poster, di kamarnya juga ada poster huruf, dan di deket kamar mandi pun ada white board yang gw tulisin huruf-huruf ini. Setiap dia lewat poster2 ini, pasti berenti dulu dan bergumam tebak-tebakan huruf sendiri.

Belajar alphabet memang lebih susah daripada angka, proses nya nggak secepat waktu Ghani belajar 1 to 10. Jadi memang kita harus lebih sering bareng-bareng baca buku alphabet, mungkin ada sekitar 3-4 buku berbeda, jadi kata2 yg dimulai dengan tiap hurufnya juga lebih variatif. Selain buku, kita juga pakai flashcard. Flashcard kan macem-macem juga tuh, ada yg buat belajar shapes, coulours, numbers, pairs, dll. Itu kebetulan Ghani emang tertarik banget belajar flashcards ini. Paling seminggu 2-3 kali main ini pas lagi playtime atau mau tidur malem, itupun nggak terlalu rutin, karena kita stop main ini setelah 2 minggu karena dia udah hafal semua huruf.

Teruuus di iPad juga kita download beberapa apps pengenalan huruf. Ada yang Sesame Street, ada yang ABC apa lah itu gw udah nggak ngerti lagi ada app aja di iPad. Tiap diijinin pegang iPad, pasti yang dimainin ya app2 ini dulu. Kalo udah bosen baru deh dia mainan Play School atau yang lainnya. Makanya gw nggak pernah setuju sama yang namanya no gadget/tv at all buat anak di bawah 5 tahun, karena sebenernya kalo dimanfaatkan dengan baik justru bisa jadi stimulasi otak untuk belajar kok. Asal makainya in moderation (jangan kelamaan nanti matanya sakit) dan di bawah pengawasan orang tua sih harusnya amaan..

Sekarang Ghani lagi belajar spelling, dari yang 3 huruf aja dulu kayak misalnya Cat, Cow, Dog, gitu deh. Tapi again, kita juga nggak maksa. Se-pengennya dia ajaa. Udah tau huruf aja udah bagus banget, spelling sih nanti aja lah tunggu masuk sekolah ya Nak, hehehe..

No comments:

Post a Comment