Friday 23 October 2015

Menyusui itu Butuh Perjuangan

Cerita soal breastfeeding ini bakalan puanjang bangeet, jadi maap ya kalo bikin bosen :D

Ehem.. Cerita backgroundnya dulu deh. Gw ini adalah anak sufor. History di keluarga nyokap emang dari 7 bersaudara (6 perempuan) nggak ada yang menyusui, dengan alasan flat nipple jadi bayi susah latch on, atau asi nya nggak terlalu lancar. Tapi walaupun gw bukan anak asi, gw merasa nggak terlalu ada pengaruhnya ke kesehatan gw selama ini kok. Mudah2an begini terus ya.. Waktu kecil usia sekolah ya wajar lah kalo sering sakit flu atau demam atau sakit perut, namanya juga di sekolah nyampur sama temen-temen yg pasti ada aja penyakitnya kan. Tapi selain itu gw nggak ada masalah. Alhamdulillah nggak alergian, nggak gampang ketularan penyakit, gula darah normal, pokoknya semua normal2 aja.


Nah sebelum hamil gw sih santai aja, walaupun udah tau kalo asi itu yang terbaik, gw nggak pengen terlalu maksa juga kalo misalnya nggak bisa ngasih full asi ke anak. Sampai suatu hari gw liat harga sufor di supermarket. Shock maak, masa' sekaleng sufor harganya diatas $20an. 1 kaleng itu palingan abis dalam seminggu (atau kurang?). Berarti dalam sebulan at least abis $80 buat susu doang dong.  Selain itu juga gw ngeliat temen-temen di sekitar gw yang menyusui kok keliatannya asik ya, bener2 bisa bonding sama anak, trus nggak repot juga. Jadi kalo mendadak baby nya laper ya tinggal lep, kasih boobies aja tanpa harus repot2 bikin susu dulu. Mulai deh gw rajin baca-baca soal gimana caranya untuk boosting breastmilk production.

Dari sekian banyak artikel yang gw baca, gw tarik kesimpulan bahwa:
  • Produksi asi tiap orang nggak ada hubungannya sama family history
  • Banyak/sedikitnya supply asi itu tergantung dari demand (berupa baby's sucking atau pemakaian breastpump)
  • Flat nipple? Nggak masyalaah. Bayi kita kan taunya cuma nipple ibunya doang, pasti akhirnya dia akan adaptasi sendiri 
  • Benefit asi itu selain buat baby, ternyata buat ibunya juga. Yang paling gw inget adalah mempercepat proses pengecilan rahim, dan mencegah breast cancer
  • Disini breastfeeding di support banget, dari lactation consultant yg berkeliaran di rumah sakit, diadain berbagai macem breastfeeding class, sampe hotline khusus buat ibu2 curhat atau nanya2 soal asi yang available 24/7.
Dari jauh2 hari sebelum mama ke perth, gw udh minta dibeliin pil daun katuk yang banyak. Terus kelas menyusui gw datengin, lalu mulai browsing2 breastpump yang bagus. Pokoknya niat deh. Beberapa hari sebelum melahirkan juga udh mulai gw praktekin tuh hand expressing colostrum, dan berhasiil. Seneeng banget rasanya.. Sampe akhirnya tibalah harinya Ghani lahir...

Hari pertama, colostrum yang keluar dikit amat. Tapi gapapa, Ghani butuhnya emang baru segitu kan. Yang jadi masalah adalah flat nipple gw iniii, Ghani susah bener latch on. Tapi gw masih pede, dengan harapan dalam beberapa hari Ghani akan pinter latch on nya karena udh adaptasi sendiri. Eh ternyataa, di saat asi gw mulai keluar banyak pun Ghani masih nggak bisa sucking yang bener. Jadi kasiaan gitu liatnya, mulutnya mangap-mangap kelaperan tapi nggak bisa sucking, jadi dia cuma dapet tetesan2 asi yang yah paling cuma brp ml sih sekali minum. Sediiihhhh :(

Kebetulan waktu itu Yusuf udh beliin breastpump Medela Swing. Enak dipakenya, di minggu2 pertama-kedua itu gw bisa nge pump sampe 400-500ml sehari. Jadi strategy nya adalah, gw biarin Ghani nyusu langsung di gw selama kira2 30 menit, cuma buat menstimulasi produksi asi nya aja, abis itu di top-up pake expressed milk gw lewat botol. Konsultasi ke childhealth nurse nya, katanya pake botol Medela Calma itu yang bagus, soalnya dia ngajarin bayi utk tetep sucking, alias susunya nggak akan ngalir ke mulut bayi kalo nggak disedot. 

Tapi terus tiba-tiba hasil pumping gw kok menurun, jadi mau ga mau Ghani harus breastfeed langsung deh. Akhirnya Yusuf cepet2 ngambil nipple shield di sterilizer (udah dibeli dari sejak lahiran tapi kok ya waktu itu belom kepikiran untuk nyoba pake). Ih ini bener-bener penolong banget deh ternyata, berkat nipple shield akhirnya gw bisa ngerasain jadi ibu menyusui yang sesungguhnyaa.. Nipple shield yang Medela itu enak banget, tapi harus pake yg ukuran 24mm yaa, kl yg 20mm kekecilan malah bikin nipple sakiit. Nyobain juga nipple shield nya Avent. Ini silicone nya enak karena lebih tebel, tapi susah nempel di kulit. Jadi gw pake Avent cuma kalo lagi sore nipple aja, 

Oh iya waktu itu gw sempet shock liat produksi pumping gw jadi cuma 100ml sehari. Tapi setelah gw browsing, ternyata itu bukan berarti asi kita berkurang kok. Kalo disusuin langsung ke bayi sebenernya ya cukup aja. Satu2nya indicator kurang/enggaknya produksi asi ibu itu diliat dari diaper kotornya baby, waktu itu Ghani tetep harus ganti nappy 10-12 kali sehari, pipisnya bening dan pup nya juga masih banyak. Artinya dia nggak dehidrasi. Yawes, satu2nya option ya harus nyusu langsung tanpa botol deh.

Sekarang gw juga baru tau, bahwa menyusui itu time consuming banget. Bayangin aja nih, bayi tuh harus menyusu setiap 2-3 jam sekali. Tapi sekali nyusuu, Ghani nih pernah lho sampe 4 jam non stop! Selain karena growth spurt, dia juga agak reflux, jadi apa yang baru diminum sering langsung keluar lagi alias gumoh. Kalo udh liat Ghani gumoh tuh rasanya sediih banget, udh berjam-jam gw jadi sapi perah kok ya dimuntahin gitu aja susunya, huhuhu kan jadinya dia nggak kenyang-kenyang, yang akhirnya jadi tambah lama lagi nyusunya, Belum lagi harus di burp sampe bener2 nggak gassy perutnya, yang biasanya makan waktu 30 menit. Huahahaha dalam sehari kegiatan gw cuma nyusuin sama tidur aja rasanya, betul-betul nggak bisa produktif ngerjain urusan rumah tangga deh.

Tapii senengnya juga luar biasa pas liat Ghani 'mabok' kekenyangan, bisa liat-liatan sama dia pas lagi breastfeed, dan pas liat nappy nya full of wee and dirt, hehehe.. Apalagi waktu berat badannya pelan-pelan naik, rasanya asi gw berhasil bikin dia tumbuh dengan baik gitu.. Tapiii beratnya Ghani kok ya lamaa bgt naiknya, lahirnya udh kecil, nambahin beratnya kok ya susah bangeet..

Untuk sekaran ini sih target gw nyusuin sampe full 6 bulan dulu deh. Kalo akhirnya bisa sampe full 2 tahun ya alhamdulillah, tapi untuk sekarang gw nggak berani pasang target terlalu jauh, hehehe.. Soalnya setelah 6 bulan kan nanti udh bisa mulai kenalan sama solid food, jadi sumber gizi nya nggak cuma asi aja.

Mudah-mudahaan Ghani tumbuh jadi anak yg sehat yaa, nggak mudah lho untuk commit ngasih asi tuh, jadi pasti gw bahagiaa banget kl bisa sampe bertahan 2 tahun breastfeed. Semangaaatt <3

1 comment:

  1. cemungudh qaqaaaa... duh duh duh dit, bener2 hoki peng-an gw kenal ama lo... bisa baca detail lahiran menyusui elo bikin mata kebuka bok~~ gw lg tcc ini taon, dengan baca cerita elo gw bisa kebuka pikirannya tar kalo bunting jg bukan pekara baju imut yaaaaa kudu pikirin tetikadi juga yaaaaa... nipple shield sampe gw google neyk, kaga ngarti akik pan...

    ReplyDelete