Wednesday 3 October 2012

Psssstttt...

Ternyata nyebelin banget ya kalo harus berurusan sama orang-orang yang nggak ngerti common courtesy atau etiket. A simple "please", or "thank you" yang nggak diucapkan orang lain di saatnya memang perlu diucapkan tuh bikin jadi geregetan sendiri. Bukan, gw bukan nya gila kata terima kasih atau pamrih, tapi ini jadi pelajaran buat gw juga sih supaya bisa lebih menghargai orang lain (terutama yang udh bantu kita ya, sekecil apapun bantuannya).

Contoh paling simple dan (mungkin) paling sering dilakukan orang Indo adalah, gw jalan di depan orang, terus pas buka pintu, pintunya gw tahan biar org di belakang gw nggak kejedug. Nah terus org itu biasanya ngapain coba? Nggak usah muluk2 deh berharap dia say thank you, hold the door buat dirinya sendiri aja nggak kok. Lha dia malah sibuk BB-an dengan asiknya tanpa even ngeliat gw yg udh bukain pintu buat dia. Seolah-olah dia putri raja yang harus dilayanin gitu lho.

Contoh kedua, budaya titip2an barang. Setiap pulang ke Jakarta, gw nggak pernah sekalipun menawarkan ke temen2 ada yg mau nitip barang untuk/dari temennya atau keluarganya di Indo apa nggak. Karena gw takut kalo gw ternyata nggak bisa (atau nggak sempet) ngasihin barang itu ke orgnya gimana?

Contoh nih ya, si A nitip baju buat temennya di indo, si B. Karena emang si A ini nggak ada mobil, jadi wkt itu gw yang ke rumah dia malem2 ngambil baju itu. Sampe di Indo, gw janjian dong yah ketemuan sama si B, selain mau catch up juga ya karena sekalian mau ngasih titipan si A. Sayangnya pas harinya kita janjian ketemu itu, gw sakit jadi ngga bisa kemana2, batal deh ketemu. Karena gw sebagai yg dititipin ini ngerasa sungkan, jadi gw bilang ke dia baju nya gw kirim by post aja ke rumahnya. Soalnya gw ngga punya supir bow, ngga ada yg bisa dimintain tolong nganterin juga. Si B cuma ngasih detail alamatnya terus udah, nggak makasih sama sekali. Lalu gw minta tolong si Udjo deh ke Tiki nganterin.

Sampe sini gw sih masih oke2 aja. Tapi terus ditunggu sampe seminggu kemudian, si B kok nggak ngabarin gw sama sekali yah. Barang yg gw kirim udh sampe apa blm, gw nggak tau. Gw tanya lewat Whatsapp, message gw cuma dibaca doang dan nggak dibales. Sekarang gw baru mikir, kok gitu amat sih? Trus gw mikir flashback lagi, iya juga sih lagian dari awal kok mau aja gw repot2in diri sendiri padahal dia nggak minta gw repot? Walaupun wkt itu sakit perut melilit, gw bela2in ngejogrok di lantai ngepack barangnya dia se rapih mungkin biar dia terima dalam keadaan bagus, ini kok dia bales msg gw aja males bener?

Yah stralah ya, namanya orang juga beda-beda. Mungkin gw yg terlalu sensitif, atau mungkin juga dia yg nggak cukup sensitif untuk show her appreciation. Orang pasti bilang kalo ngebantu tuh harus ikhlas, nggak boleh pamrih. Itu gw udah tau. Tapi satu lagi yg harus diinget, untuk lower my expectation. Karena kalo expect org bakal berlaku sama kayak kita sih kayaknya bakalan kecewa terus kali ya rasanya?

2 comments:

  1. iyeee banyak banget yang begitu.. gak punya common courtesy sama sekali!!

    ReplyDelete
  2. Iya Mar, perasaan gw sebenernya punya banyak contoh deh, tapi yang keinget baru 2 ini huehehehe..

    ReplyDelete