Sunday 26 June 2016

Declutter Your Home - Belajar Hidup Dengan Sedikit Barang, Bisa Nggak?

Beberapa hari terakhir ini gw lagi sering-seringnya browsing video tentang "How to Declutter Your Home". Sebenernya udah cukup lama gw merasa perlu melakukan ini, dan semakin kesini kan interior rumah gaya Scandinavian yang simple gitu semakin populer ya, gw jadi makin penasaran nih, kira-kira bisa nggak sih gaya interior (dan gaya hidup) seperti itu diterapkan ke kehidupan nyata? Intinya yang diajarkan sama video2 itu adalah: jangan segan-segan untuk jual/ngasih/buang barang2 yang udh 6 bulan nggak kita pake. Ini dia nih yang menurut gw sulit banget..

Coba liat nih living room ini, bagus banget yaa. Banyak wall art nya, ada bunga di meja, pencahayaan nya pas. Pokoknya wow..

Sebenarnya bukan gaya interior nya yang ingin gw tiru, tapi gaya hidupnya yang bisa live with less clutter and less items itu lho, rasanya kok nggak kebayang gimana melakukannya. Background ceritanya, keluarga gw bisa dibilang keluarga muda deh (ciyee) dengan 1 toddler usia hampir 2 tahun. Dengan toddler. Usia hampir 2 tahun. Hmmm... Kebayang yaa, rumah hampir selalu dalam keadaan berantakan. Wahahahaah..

Tapi sebetulnya setelah ditilik-tilik lagi masalah utamanya bukan itu juga sih... Masalah utama ada di kami Bapak Ibunya yang gw curiga, kayaknya ada tendensi ke arah jadi hoarder deh. Berumah tangga belum juga 3 tahun, tapi barang yang menumpuk di rumah ya ampun banyaknya. Barang-barang terserbut juga bukannya masih berguna dipakai sampe sekarang, tapi kita simpen dengan alesan "Sayang kalo dijual/dikasihin orang/dibuang.. Siapa tau ntar butuh.." - padahal sampe tahun berikutnya barang tersebut masih teronggok nggak tersentuh. 'Barang' disini nggak cuma barang besar aja, tapi termasuk pakaian. Jadi kebayang kan wardrobe kami, kamar kami, ruang tengah, ruang makan dan dapur semuanya penuh tumpukan barang (walaupun tertutup oleh pintu cabinet dan pintu pantry).

Cita-cita gw sebagai perempuan yang sukanya browsing berjam-jam di Ikea, tentu aja pengen dong punya kamar tidur kayak gini



So simple! So bright! Lots of natural lights! Ada dedaunan hijau seger! Terus kalo kamar Ghani dijadiin kayak gini kayaknya gemes juga nih


Keliatan nya anak-anak banget kaan, berantakan tapi juga masih enak dilihat. Warna nya juga lebih cerah, nggak putih melulu. Aduh suki bangettt.. 

Tapi perhatiin nggak sih, itu barang-barangnya masa iya cuma segitu? Lemari pakaian tinggi langsing 3 pintu apa cukup untuk nampung baju 2 orang? Tipe baju juga macem-macem lho ya: pakaian dalam, baju santai di rumah untuk winter vs summer, baju pergi, baju tidur, winter coats (!!), baju kerja, baju formal, printilan (kaos kaki, syawl, dsb), handbags. 

Terus, ruang makan idaman seperti ini bisakah terealisasi?


Tumpukan piring2 yang baru dicuci pada kemana? Ini beneran nggak punya toaster, juicer, blender, pressure cooker, sandwhich presser, coffee machine, toples kerupuk, toples abon, bungkus potato chips yang udah kebuka setengah dll nya? Apakah semuanya bisa disembunyiin di dalam cabinet2nya itu dan dikeluarkan ketika mau dipake aja? Kalo space di cabinet udah dipake buat kitchen appliances berarti space untuk taro piring gelas sippy cup dll nya sedikit dong? Punya piring gelas container2 nggak perlu banyak2 kali ya, disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah aja. Tapi kalo pas ada acara ngundang2 temen makan di rumah masa' ngga cukup piringnya? Masa' harus pake piring dan gelas plastik terus?

Jadi disitu lah dilema dan masalah nya, kayaknya otak gw ini udah keburu 'di setel' untuk nimbun barang siapa tau kepake, daripada mikirin pemandangan isi rumah yang lebih enak diliat. Tadi malam gw udah mulai sih beresin wardrobe gw sedikiiit, tapi ya masih jauuh lah ya dari kata 'rapi' hehehe. Sebenernya ada fotonya tapi daripada sebar-sebar aib mendingan nggak usah diposting huahahah..

Intinya yang menjadi pertanyaan gw adalah: bagaimana cara menghilangkan pikiran "simpen aja deh, siapa tau ntar butuh". Gw sebenernya nggak berantakan2 banget sih orangnya, cukup rajin beres-beres rumah kok. Tapi beres-beresnya gw hanya mindahin barang dari titik A ke B, jadi disini keliatan rapi, tapi di ruangan sebelah banyak tumpukan nggak jelas.

Dan sebenernya tinggal di rumah yang mentingin quality over quantity itu jatohnya malah lebih mahal nggak sih? Misalnya, pengen punya baju sedikit, berarti baju2 yang kita punya harus yang berkualitas dong, modelnya versatile dan dicuci-keringin-pake sekian kali nggak melar/menciut/pudar warna nya. Apalagi baju anak-anak kan sering kotor, kalo cuma punya sedikit, berarti urusan ngelaundry nggak bisa cuma seminggu sekali. Mesti 2x seminggu misalnya, nah berarti pengeluaran di listrik + air jadi tambah banyak kan? 

Gw niat sih emang kali ini bener-bener mau ngurangin barang di rumah. Kemarin2 gw punya ide jenius: simpen barang2 yg ngga kepake di dalem koper2, terus kopernya disimpen di bawah kasur. Tapi ternyata jelek banget keliatannya kalo di bawah kasur jadi tempat nyimpen barang. Kalau jadi, kalo terlaksana, gw mau bikin postingan declutter series ah, siapa tau jadi lebih termotivasi ngelakuinnya hehehe.. Mari kita lihat apakah niat ini cuma niat belaka atau bener-bener akan terealisasi hihihi..


No comments:

Post a Comment