Friday 27 November 2015

My Skincare Journey

Sebenarnya udah dari jaman SMA gw rajin pake skincare, on-and-off. Awalnya pake karena waktu kelas 1, kulit gw gosoooong banget gara-gara keseringan 'berjemur' di bawah matahari (ini 100% salahnya ekskul paskib ini -_-). Nggak cuma gosong, tapi juga jadi gatal-gatal dan kasar. Panik dong, akhirnya dibeliin serangkaian skincare sama nyokap. Beliau ini emang udah dari dulu sinkcare junkie banget, segala krim buat wajah dan kulit badan punya deh, dan emang rajiin banget make nya. Terbukti sampe sekarang di umur 50an kulitnya masih bagus cling cling gitu walaupun udh nggak se intense dulu merawatnya.

Anyway, yang gw inget skincare pertama gw waktu itu merk nya Clarins (karena waktu itu nyokap adalah loyal customer nya Clarins). Gaya ya, anak ABG pake Clarins. Mulai dari scrub, day cream, night cream, sunblock, essence gw pake. Lumayan dalam 3 bulan kulit gw bisa dibilang membaik kondisi nya, jadi seperti semula. Nggak bikin gw jadi lebih kinclong daripada aslinya sih, tapi kegosongan yg berlebihan itu pelan-pelan memudar. 

Ketika satu persatu botolnya kosong dan waktu nya beli lagi, gw nggak tega kalo minta dibeliin Clarins lagi. Akhirnya coba yang lebih friendly harganya, L'Oreal. Biasa deh kalo ke counter2 skincare gitu pasti kan 'diracunin' sama sales assistant nya untuk beli macem2 kan. Yang tadinya gw cuma mau beli day cream sama night cream aja, jadi ikut2an beli *lagi2* double essence nya sama apa lagi gitu, yg whitening series deh pokoknya.

Beberapa bulan pake ini dan cocok, selalu repurchase productnya tiap abis, kalo nggak salah sih sampe gw kelas 3 ya. Setelah lulus SMA dan pindah ke Perth, gw malah berhenti ngerawat kulit. Cuma pake cleanser sama moisturiser aja, tapi embel2 lainnya seperti night cream, serum, essence dan apalah itu nggak pernah pake lagi. Ribet, males, nggak ada waktu. Huh.

Sebenarnya tanpa skincare macem2 juga kulit gw nggak kenapa-kenapa sih. Concern gw kan di hyperpigmentation, makanya selalu pake produk2 yg brightening. Untungnya nggak ada masalah dengan jerawat atau kekeringan. Paling ya itu, menggelap jadi butek aja kulitnya hahaha.. 

Karena matahari Perth lumayan sadis, mulai deh gw tambah pake sunblock kalo mau keluar rumah. Tapi ini pun banyakan malesnya. Kenapa orang kok susah banget disuruh pake sunblock? Karena bikin kulit kerasa lengket, berminyak, dan 'tebel'. Itu kalo gw sih, makanya pake sunblock pun jadi jarang juga. Padahal yang paling 'jahat' sama kulit itu ya sinar UVA UVB nya matahari lho. Mau se mahal apapun skincare kita, se rajin apapun ngerawat kulit tapi kalo kulitnya dibiarkan kena matahari tanpa pelindung ya nggak ngaruh, sisteeeer.. 

Karena gw nggak suka banget 'perasaan' kulit jadi berat pas pake sunblock, nambah lagi deh perawatannya jadi beli scrub. 2 hari sekali setelah cuci muka gw pake, sugesti aja buat bersihin residue sunblock dari pori-pori hehehe.. Sejak tahun 2005 gw pake St Ives Apricot Scrub, sukaa karena muka jadi kerasa alus abis pake ini.

Sekitar tahun 2010 pas lagi liburan ke Jakarta, iseng2 gw liat-liat ke counter nya Kiehls. Coba-coba tester oles-oles di tangan, terus didatengin sama SA nya dan ditawarin macem2 dan akhirnya 'kejebak' beliii -_- gampang banget yah gw kegoda rayuan produk huhuhu.. Jahatnya mbak-mbak ini nawarin gw produk yg buat reducing fine lines :( Katanya udh mulai ada tanda2 kerutan di muka gw padahal waktu itu masih umur 23an :( Ini kayaknya gara-gara gw suka malas pake sunblock nih.

Yang gw inget, beberapa 'cream' nya Kiehls ini terasa 'berat' di muka, yg bikin gw jadi males make nya. Tapi yg amazing itu adalah Midnight Recovery Concentrate nya. Wow wow wow! Dipake malem sebelum bobo, besoknya kulit muka jadi haluuuuuusss bangetttt..Seminggu pake ini bikin tiap hari maunya elus-elus kulit muka. And then setelah itu kok jadi biasa aja.. Jadi bagus cuma seminggu pertama aja, setelahnya nggak ada pengaruh apa2 di kulit. Entah karena udh terbiasa punya kulit halus *ciyeee* atau emang nggak ngaruh lagi, entah lah.. Tapi gw abisin sih sebotol ini, karena toh nggak ada efek buruk apa2 di muka dan lumayan lah buat melembabkan kulit. But I did promise myself not to repurchase.

Sekitar 1-2 tahun kemudian pas mau nikah, gw 'keracunan' trend tumpuk-tumpuk skincare itu lhooo.. Kayaknya sih ini trend dari Korea ya, rahasia kulit halusnya artis sana disinyalir karena skincare regime nya yang... aduh ngebayangin make nya aja udah capek duluan :D Night routine nya bisa kali ada 7-8 steps. Mulai dari double cleansing sampai pake eye cream dan lipbalm.

Awalnya tertarik nyoba gara-gara liat vlog nya Michelle Phan soal night skin regime nya dia. Kalo scrub, facial cleanser dan moisturiser kan gw emang udah punya, tinggal nyicil beli beberapa tambahan lainnya deh. Nggak tanggung2, itu cellumination essence dan facial treatment essence nya SKII gw coba juga. Kali ini beli online karena takut banget kena rayuan SA nya untuk beli yg lainnya. 

Emang bener sih, punya ritual ngerawat kulit tiap malem gini ternyata menyenangkan juga. Malahan bikin nggak males, I actually looked forward to it. Setelah 3 minggu gw nggak merasakan perubahan berarti. Karena memang produk2 ini claim bahwa mereka nggak menjanjikan hasil yg instan, tapi lebih ke long term. Ok deh sabar aja kalo gitu.. Tapi di minggu keempat muka gw mulai beruntusan kayak keluar jerawat kecil-kecil. Mungkin ini lagi purging, gw pikir tahan2in aja dulu.. Sampai 2 minggu setelahnya ternyata bukannya membaik malah tambah parah.. Ya udah akhirnya pelan-pelan gw stop semuanya deh huhuhu.. Sedihnyaaaa ngeliat skincare mahal-mahal itu nggak kepake T_T

Di saat lagi sensitif itu gw menemukan bahwa facial cleanser nya Avene yang paling cocok. Light, terasa bersihnya tapi nggak ada efek kekeringan. Sejak itu gw nggak pernah ganti2 facial cleanser lagi. Oh iya pernah dapet sample Kiehl's ultra facial cleanser, ini malah lebih bagus lagi dari Avene rasanya. Tapi ya harganya lebih mahal dan nggak available di chemist2 terdekat. Balik lagi deh cuma pake cleanser - scrub (seminggu 2 kali) - moisturiser - sunblock (kadang2 aja kalo lagi nggak males).

Sekitar setahunan pake itu aja, eeeh tiba-tiba moisturiser kesayangan gw di discontinued sama Garnier. Sebeeeell bangeet.. Padahal itu si pure activ moisturiser bener-bener enaaak banget dipake nya. Melembabkan, tapi ringan dan fresh banget. Selama pake ini gw jaraang banget jerawatan. 

Kemarin waktu jalan-jalan ke Priceline, gw nyari alternatif pengganti si PureActiv ini. Di aisle drugstore skincare yang sebangsa Nivea, Olay, Garnier nggak nemu yang oke. Akhirnya geser ke aisle skincare yang agak 'high end' dikit (padahal jualnya ya sama-sama di drugstore juga huahahaha), nyoba Bioderma mattifying moisturiser. Setelah beberapa hari dipake enaak, mirip-mirip sama si PureActiv tapi harganya lebih mahal :(

Abis itu entah kenapa kok jadi keranjingan ke Priceline. Terus kepikiran nyari serum, karena udah mau 30 nih umur eike, udah waktunya kembali merawat kulit tapi harus hati-hati milih produknya. Pilihan jatuh ke Manuka Doctor Radiance Serum. Harga reasonable sih, $30an untuk 30ml. Terus geser-geser lagi liat ke sebelah2nya, ada La Roche-Posay Sensi White series. Laaah lagi-lagi tertarik untuk nyobaaa.. Kemarin beli lotion nya (yg ternyata modelnya cair kental bukan kayak lotion muka) dan hari ini beli cream nya (karena kalo dipake malem kerasa si lotion ini kurang melembabkan - buat siang sih oke bangeet karena terus ditimpa sama sunblock kan). 2 hari pake lotionnya (dipake bareng sama serum) emang kerasa muka lebih ceraah.. Cerah lho ya, bukan jadi putih. Nggak tau nih mudah-mudahan sih nggak pake purging2 lagi kayak dulu ya, soalnya ini kan emang dibuat untuk kulit asia yang sensitif.

Huah panjang juga kisah skincare ini. Gw rasa sih namanya juga perempuan ya, sampe umur 50an juga nggak akan berhenti ngurusin kulit. Rambut akan tumbuh terus dan selalu keluar yang baru, tapi kulit dari kita lahir sampe seterusnya juga cuma satu, itu2 aja. Sel-sel nya aja yg pelan-pelan jadi baru, tapi basically kalo udah ada scar akan susah ilangnya. Gw belum pernah nyoba pake obat dokter sih, karena ya itu tadi, concern gw cuma di hyperpigmentation yg masih bisa di'urus' pake over-the-counter products. Nah gimana kisahnya si La Roche-Posay ini nanti gw bikin review deh hihihi..


No comments:

Post a Comment