Thursday 6 February 2014

The Happy Campers - Day 2

Lanjuut hari keduaa.. Sampe hampir lupa kalo belom nerusin cerita ini. Sebelum lupa-lupa amat sama kejadiannya, mendingan ditulis sekarang deh..

Jadi nih yaaa, hari Sabtu kira-kira jam 10an kita check-out dari campsite. Udah mandi dan udah kenyang sarapan, pokoknya udah siap deh buat perjalanan jauh. Ceritanya kan sambil on the way ke Perth kita pengen jalan-jalan liat pantai2 lagi di sekitar situ, jadi mengarahlah kita ke Peacefull Bay. Kalo diliat dari map nya sih kayaknya bagus juga pantainya..

Masih di main road menuju pantai, kalo nggak salah namanya Peacefull Bay Road, tiba-tiba kita lirik2 ke kanan tuh ada jalanan yang nggak diaspal gitu, dengan tulisan gede-gede "The Gap. 4WD ONLY. Stay on track to avoid being bogged". Kok keliatannya jalannya oke-oke aja nih, nggak kayak bayangan kita yang kalo rute 4WD sampe pasir2 bikin mobil tenggelem gitu.



Kemudian dengan sotoy nya masuklah kita ke jalur itu, dengan pembicaraan:

Dita: Sebenernya mobil kita nih 4WD bukan sik?
Yusup: Mobilnya sih iya, tapi ban nya ban biasa sayang bukan yang gede-gede buat jalur off-road gitu..
Dita: Oooh, ya tapi jalannya gini doang kok, emang mesti segede apa ban mobil nya? *nada nyinyir*

Seolah-olah alam mendengar pertanyaan gw, sedetik setelah gw ngomong gitu, pemandangannya berubah jadi...





Loh... Loh... kok begini amat? Mana jalannya one-way gitu, jadi pas liat ini kita udah nggak bisa puter balik. Satu2nya cara untuk balik ke Peacefull Bay Road adalah nyetir mundur.. Mulai panik tuh, tapi masih sok santai menikmati loncat2an sambil duduk karena jalannya emang parah banget gronjalan gitu. Dan itu makin ke dalem di kanan-kiri nya one way road ini bener-bener tebing terjal yang kalo salah belok dikit kita bisa jatuh ke semak2 di bawah sana. Sereeemmmm...

Sampe akhirnya, yang kita takutkan pun terjadi. Ban mobil empat2nya stuck tenggelem di pasir. Bogged. Gak bisa maju gak bisa mundur. Makin di gas makin tenggelem.


Waktu itu gw inget udah pas jam 12, jadi kebayang dong lagi panas-panas nya kan. Kita Yusuf turun mobil, untuk berusaha nguik-nguik pasirnya pake.... wajan teflon. Ini wajan paginya baru dipake buat goreng sosis, siangnya udah berubah fungsi jadi sekop. Udah gitu wajan itu Tefal kesayangan pula, yang anti lengket nya beneran serius anti lengket, bukan teflon2an abal-abal. Hiks.. Tapi ya apa boleh buat, barang di mobil emang cuma si Tefal ini yang bisa difungsikan jadi sekop. Setelah dicoba buat gali-gali tanah, ternyata gak bisa juga (ya iyalaah wajan gitu lho..).

Waktu keluar mobil dan nginjekin kaki di pasir, rasanya booow kayak kebakaar. Puanaaaassss buanget. Sampe akhirnya kaki gw dibebet pake perban (thanks to Yusuf yg insist utk bawa first aid kit super lengkap segede day bag) seperti orang abis keseleo. Plan nya, kita nunggu mobil lewat untuk bantu towing mobil kita keluar pasir, atau jalan ke kaki ke Peacefull Bay Road untuk minta bantuan. Tapi daerah ini kayaknya emang terpencil banget ya, kok bisa2nya sejam kita disitu nggak ada yang lewat, dan untuk jalan kaki di pasir panas sejauh 2 kilo juga gak sanggup Maakk..

Mulai panik, tapi santai. Soalnya di mobil masih banyak botol-botol air minum dan indomie2an. So we kept ourselves hydrated. Pokoknya nggak lucu kalo pingsan kepanasan disitu. Dan kalopun harus nginep atau camping di mobil semalem, masih bisa survive lah makan indomie.

Masalahnya sinyal hp juga gak ada sama sekali. Sekalinya ada cuma SOS doang, yang artinya cuma bisa dipake untuk nelpon 000 (911 versi ostrali). Beberapa kali nelpon keputus terus, akhirnya polisi bilang mau dateng nolongin. Ditunggu 10, 15 menit, kok gak ada tanda2 bantuan mau dateng. Akhirnya Yusuf jalan agak ke atas untuk nyari sinyal, dan dapet. Alhamdulillaahh.. Akhirnya disitu kita nelpon RAC insurance, minta ditolongin sama roadside assistance. Ternyata nggak tercover, karena kita kan off-road. Hiks. Tapi operatornya baik, sama dia di transfer ke Walpole Towing services, ngobrol2 sama orangnya trus dia bilang mau ke tempat kita dalam 5 menit!

Wohooo denger itu rasanya kayak dikasih air dingin di tengah gurun sahara. Dan beneran dateng lho yg nowing 5 menit kemudian! Ternyata rumahnya deket situ, hahahah.. Namanya Chris, baiik banget. Dia pake suzuki jimny kecil mungil, nyoba narik mobil kita keluar pasir tetep ga bisa dan kita udh hopeless, sampe akhirnya berhasil setelah puluhan kali tarik2an.

Aaaah lega nyaaaaa... Pulang-pulang dari situ kita udah males jalan-jalan ke pantai lagi, mood melayang hahahaha.. Langsung cabcus aja ke Perth setelah selesai urusan bayar-bayaran di rumah Chris. We've learnt our lesson, which was very expensive :(

Tapi seru juga lho kesasar gitu berduaan. Rasanya kayak stranded di daerah terpencil, mirip-mirip sama Lost deh walaupun cuma 2 jam. Jangan sampee kejadian kayak gitu lagi, gw paling parno sama tempat2 yang nggak ada sinyal hp. Bener-bener mati gaya gak bisa ngapa-ngapain! Kesasar jauh, kekurangan air minum dan makanan di daerah terpencil tp ada sinyal hp gw masih gapapa, tapi kalo stuck di tempat yg cuma berjarak 2 kilo dari daerah rame namun hp ga bisa dipake, rasanya sengsaraaa banget :(


2 comments:

  1. gw jg mau camping nih dit, summer tinggal dikit nih cuma gw msh trauma pengalaman camping d indo... hahaha

    ReplyDelete
  2. Ih seru kok Sca, gw juga pertamanya agak males, tapi ternyata beda banget campsite2 disini, jangan disamain sama bumi perkemahan cibubur deh pokoknya hahaah..

    ReplyDelete