Monday 8 August 2016

Balita vs Gadget - Usaha Memisahkan Ghani dari TV dan iPad


Hubungan antara Ghani dan gadget (iPhone, iPad dan TV) nya selama 3 bulan terakhir rasanya semakin mesra deh -_- I know I know, ini nggak baik banget dan sebenernya di lubuk hati terdalam juga gw ogah membiarkan dia terlalu attached sama gadget2 tersebut. Tapi kenyataan nya (waktu itu) memisahkan mereka ini hampir impossible.


Ghani kalau lagi ganti nappy di changing table kan nggak bisa diem, maunya balik badan, meliuk-liuk berdiri terus mainin cetekan lampu. Ujung2nya urusan nappy belum kelar dia udah nggak sabar pengen terjun ke lantai. Disuruh pegang mainan atau barang2 random yg ada di sekitar situ lumayan bikin dia diem sih, tapi cuma bertahan 20-30 detik abis itu dia bosen. Satu2nya cara biar dia anteng ya kasih dia nonton iPhone. Biasanya Ghani nonton Big Block atau Hey Duggee! dari app ABC Kids. Kalo udah anteng gini, ganti nappy 1-2 menit juga kelar. Setelah beres, ya udah iPhone diambil, Ghani keluar kamar dan langsung sibuk sama mainan2nya.

Kalo weekdays, biasanya setelah ganti nappy dia main sebentar di ruang tengah, minum susu, nyemil cereal, sementara gw siap-siap. Nggak lama biasanya dia balik ke kamar dan ngerengek2 minta nonton iPhone lagi. Duh ngerengeknya dramaa, sampe nangis2 banjir air mata banget. Awalnya gw tetep nggak ngasih, gw ganti hibur dia pake mainan atau buku2 lain, atau malah gw suruh manjat2 tempat tidur aja biar lupa sama gadget. Tapi kadang gw juga nyerah, kasih liat nonton iPad sampe gw ready untuk berangkat. Nah disini drama yg lebih signifikan biasanya terjadi nih..

Ghani marah kalo gw masukin mobil, karena keasikan nonton Duggee nya ter-interrupt. Akibatnya nyampe daycare pun dia nangis2, nggak rela ditinggal, nggak mau kiss bye, pokoknya nangiis. Selama di daycare sih aman lah ya, disana banyak kegiatan jadi Ghani juga seneng aja, nggak nyari2 gadget. Sorenya, pulang dari daycare biasanya di rumah gw kasih snack buah kita makan sambil ngobrol, kalo dia udh mulai bosen baru deh gw kasih liat iPad. Kemudian ganti nappy masih iPhone-an, agak maleman waktu gw nyiapin dinnernya dia, biasanya gw biarkan nonton TV.

Setelah makan, gw sama Yusuf juga suka nonton tv kan, Ghani ikutan juga. Walaupun fokusnya di main panjat-panjatan atau baca buku/mainan blocks dan liat tv sambil lalu aja, tapi tetep tv masih nyala. Kalo dia nggak suka acaranya atau ngerasa keganggu sama suara tv, biasanya langsung dimatiin tv nya sama dia hehehe.. Pada waktu itu, total Ghani nonton/make gadget itu bisa 2 jam sehari (weekdays) dan up to 4 jam sehari pas weekend. 

Untuk anak usia di bawah 2 tahun, gw sadar banget interaksi Ghani sama gadget itu masih di atas normal, karena idealnya kan no gadget sama sekali. Weekend biasanya kita jalan-jalan, makan di luar, nah disini Ghani pasti harus dihibur pake iPad, kalo enggak dia pasti rewel karena bosen duduk. Makanya kalo weekend make gadget nya lebih sering. Tadinya gw pikir "Yang realistis aja lah, kita yang hidup tanpa helper tanpa nanny mana ada waktu sih buat selalu entertain Ghani, sekali-sekali biarin dia nonton aja dulu biar kerjaan yang lain cepet selesai".

Tapi..... Kemudian kita sadar di usianya yang 21 bulan ini kok perbendaharaan katanya masih dikit banget ya? Mungkin cuma 10 kata aja yg dia bisa ucapin jelas.. Apa iya ini disebabkan karena dia sering nonton tv jadi pasif untuk ngomong? Jadi lebih terbiasa dengerin aja gitu, tapi nggak ada usaha untuk ngomong. Karena kalo gw perhatiin di daycare dia lebih mau ngomong, dan lebih nurut sama carer nya. Disuruh duduk untuk makan ya langsung duduk, makan sendiri, fokus tanpa ter distract apa-apa. Gw yakin ini bukan cuma berhubungan sama gadget sih, pasti karena pengaruh suasana dan banyak temen juga makanya Ghani lebih 'nurut' kalo di 'sekolah'. Tapi gw juga sadar harus ada kebiasaan yang di ubah di rumah.

Akhirnya mulai hari Senin minggu lalu gw cold turkey aja nggak kasih dia gadget sama sekali. Surprisingly Ghani oke aja dan nggak nyariin iPad sama sekali lho, gw sampe amazed banget. Jadi gw udah siapin 2 buku kesukaan dia di samping changing table. Ganti nappy cepet2, gw kasih baca buku sambil nyanyi2, kok dia diem, santai tunjuk-tunjuk gambar sampai urusan nappy selesai. Abis itu gw suruh dia manjat naik kursi untuk ambil susu dan ceral nya, jalan ke kamar, ngobrol sama boneka dragon. Pokoknya segala gadget harus dijauhkan dari eye level dia. Out of sight, out of mind.

Alhasil, pas ditaro di carseat dan ditinggal di daycare dia juga nggak nangis, biasa aja malah kiss bye kiss bye gitu walaupun dengan ekspresi muka datar hehehe.. Jadi gw makin semangat nih menerapkan no gadget policy di rumah. Pulangnya, Ghani liat tv di rumah juga nggak berusaha nyalain, sembari makan pisang dia gw kasih gelas2 plastik warna-warni untuk mainan. Selesai makan dia asik main piano2an, puzzle dll nya. Tapi sedikit aja dia keliatan bosen, gw harus cepet2 ngajak main yg lain biar dia nggak kepikiran pengen liat iPad. Hari Rabu, keliatan Ghani mencari-cari sesuatu dan kayak menyadari ada yang 'hilang' gitu. Tapi nggak sampe nangis sih, dia cuma ngeringik aja sambil peluk2 kaki gw dan geletakan telentang di lantai kalo udah bingung mau ngapain hehehe..

Resikonya, emang jadi gw sama Yusuf nggak boleh pegang gadget di depan Ghani selama dia belum bobo. Nggak terlalu masalah sih, karena by 8pm kan Ghani udh tidur, setelah itu gw sepuasnya Netflix-an hehehe. Dan gw juga ngerasa setelah 1,5 minggu Ghani menjauh dari gadget, dia jadi agak lebih banyak ngoceh.. Walaupun belum jelas bener kata2nya apa, tapi dia udah bisa ngomong dengan intonasi seperti orang ngobrol. Pada dasarnya anak ini kan aktif ya, maunya loncat-loncat dan manjat-manjat. Jadi untuk mengkompensasi keterbatasan akses dia ke gadget, gw juga jadi harus lebih berani (tapi tetep hati-hati) membiarkan dia manjat sana-sini. 

Mudah-mudahan kita sebagai orang tua sih tetep bisa konsisten menjalani ini, hehehe. Emang sebenernya yang lebih banyak godaan itu di ortu nya yaa.. Kadang gw masih curi2 pegang hp pas Ghani lengah sih.. But then again, long term goal nya kan emang mau bikin Ghani nggak tertarik2 amat lagi sama gadget. Beberapa bulan lagi sih harusnya dia udah paham kalo gadget itu punya Mama Daddy, Ghani main yang lain aja hihihi...

No comments:

Post a Comment