Thursday, 7 June 2018

Bentol-bentol :(


Jadi hari kamis minggu lalu pas gw day off itu, kan seharian berdua Ghani di rumah, nah gw kekepin deh dia pake baju kaos lengan panjang + wondersuit + winter robe karena cuaca emang lagi dingin banget. Selain hujan angin, temperatur di dalam rumah pun nggak sampai 10 derajat. Udah naluri seorang ibu kayaknya pengen keep her children warm.

Emang karena anaknya nggak mau diem, main-main lah dia lelarian di rumah sambil kejar-kejaran sama shadownya sendiri, bolak-balik lari ambil buku dan balikin buku. Tapi nggak sampe keringetan sih, karena kan dingin. Eh besoknya muncul bentol-bentol besar dan merah2 di seluruh badan. Beneran serem deh, nggak pernah kayak gitu soalnya. Gw curiga ini pasti a bad case of keringet buntet alias prickly heat rash (yang artinya naluri gw kemaren mau anget2an itu salah dong). Karena beneran dia ngos2an lari tapi tanpa ada keringet yg keluar, karena pori2nya nggak cukup melebar utk ngeluarin keringet.

Besoknya, tambah paraah. Malah sampe ke muka segala dan dia mulai pengen garuk-garuk badan. Lalu muncul sariawan 3 biji: dinding mulut kanan, kiri dan bibir. Lengkap dehh. Yang bentol merah2nya sih nggak terlalu mengganggu, tapi si sariawan ini yang bikin dia nangis kesakitan melulu. Waktu dibawa ke dokter, kata dokternya bentol merah itu lebih ke reaksi alergi, jadi diresepin Phernegen sebagai antihistamine. Plus ditambah steroid juga. Steroidnya nggak kita kasih dulu sih, karena kayaknya terlalu keras.


Tuesday, 29 May 2018

Menyambut Adulthood

Illustration by Alyssa Nassner

Sebenernya milestones/kejadian/hal-hal apa sajakah yang bikin kita merasa "wow, I'm an adult!"? Buat gw terus terang bukan kejadian2 seperti masuk ke dunia kerja, pernikahan, punya anak, dan hal-hal sejenisnya. Tapi apa coba tebak? KEGIATAN BAYAR-MEMBAYAR BILL! Oh satu lagi, sama menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan juga. 

Bayar bill sehari-hari itu, kalo di list ada banyaak banget. Mulai dari yang 'jelas' dulu deh ya, kayak misalnya bayar mortgage sama makan dan kebutuhan sehari-hari. Eh taunya masih ada pengeluaran untuk asuransi. Asuransi juga macem-macem amat, ada asuransi kesehatan (1 keluarga), asuransi mobil, asuransi bangunan dan isi rumah. Terus tau-tau muncul bill listrik, air, gas. Eits 3 bulan sekali juga masih harus bayar pajak mobil. Terus bayar uang council tahunan, itu kayak setoran ke Kecamatan buat maintenance lingkungan rumah. 

Belom lagi bayar childcare yang harganya lebih mahal dari uang sekolah :(

Kok tau-tau belum sempet nabung duitnya udah abis buat urusan bayar-bayaran aja? Pantesan mau liburan kok susah amat, ternyata ini sebabnya yang bikin kita ga punya budget berliburrrr. Padahal dibilang gaya hidup hedon mah enggak juga lho.. Kita mostly makan di rumah, makan2 di restoran gitu bisa diitung pake jari deh, paling cuman 2-3x sebulan. Restorannya pun bukan yang wow fine dining lho, tapi yang biasa aja. Belanja barang-barang yang mahal dan nggak perlu2 amat juga hampir gak pernah. Eh tapi emang sini lemah sama diskon sih orangnya. Itupun jarang juga kok bener deh.

Jadi kita salah dimana ya? Asuransi yang kita join itupun itungannya yang wajib-wajib aja, bukan yang extra2 gitu modelnya. Gaya hidup juga middle class banget lah. Untuk belanja mingguan aja kita biasanya 'belajar' isi katalog dulu untuk nentuin beli barang X lebih murah di toko A atau B. Tapi memang strategi2 kayak gini nih yang bikin gw merasa "iih ini adulting moment aku bangeet".

Monday, 28 May 2018

The Bun in the Oven


Alhamdulillah kehamilan kedua ini udah memasuki minggu ke 20 :) Udah mulai terasa tendangan-tendangan kecilnya. Walaupun udah pernah ngerasain sebelumnya, tapi kok setiap ada tendangan rasanya tetep amazed campur kaget hihihi.. Minggu lalu udah anatomy scan, dan dari foto-fotonya sih semua tampak normal, mudah-mudahan sehat terus ya Nak sampai lahir dan seterusnya..

Kalo dibandingkan dengan waktu hamil Ghani, terus terang yang kali ini agak sedikit lebih berat nih. Sampe minggu-minggu ke 15an gw masih sering ngerasa eneg. Tapi nggak pernah muntah. Dan eneg nya bisa terobati kalo..... gw ngunyah terus -_- Alhasil selama ini nggak berenti ngunyah, dan berat badan udah naik 10 kilo! Huahahahah.. Efek morning sickness di orang lain kan bikin badan kurusan ya, di gw malah bikin tambah enak makan :D

Dan mungkin karena gw harus look after a very-very active toddler juga jadinya jam 8 malem gitu badan udah mau rontok rasanya. Ghani cukup pengertian sih, nggak pernah gelendotan melulu dan demanding2 amat, dan mostly yang gendong2 dia juga Yusuf. Tapi kan Ghani tuh masih kecil, gw masih suka sayang2an dan cuddle2 dia karena gemes, masih pengen sering2 mandiin dia juga (yang kudu pake bungkuk2in badan) karena nanti pas udah ada newborn belum tentu kita bisa sesering ini main bareng. Jadi ya begitulah, pas main bareng sih nggak kerasa capek. Nanti pas udah tinggal santai-santai duduk nonton tv tuh baru deh, nyut-nyutan semua dari punggung pinggang betis..

Wednesday, 9 May 2018

Kejamnya Netijen

Sebetulnya foto ini nggak nyambung sama tulisan di bawah, tapi kayaknya kita butuh liat yang seger-seger dulu sebelum baca komentar netijen hahaha

Tau-tau udah bulan Mei aja, sebentar lagi udah mulai puasa! Nggak kerasa cepeet banget waktu berjalan, dan udah 3 bulanan nggak posting apa2 saking nggak ada bahan cerita :D 3 bulan terakhir ini sebenernya lumayan seru karena banyak public holiday nya, tapi kita nggak pergi kemana-mana yang jauh, jadi masih di sekitaran Perth aja. Jadi yaaa, no jalan-jalan story deh.

Yang akhir-akhir ini lagi kugandrungi sih forum-forum di DF huahahahahha. Tiap ada waktu luang di kantor selalu buka DF. Awalnya gw nyangkut di forum yang bahas soal cinta segitiga Gigi - Mamat - Att. Lama-lama bosen, terus ganti2 ke forum lain dan akhirnya sekarang mendarat di forum keluarga seorang diva jazz.

Konon si diva ini memang parenting style nya agak berbeda dari orang kebanyakan. Sejak proses lahiran, sampai cara makan dan tumbuh kembang si anak selalu menuai komen dari netijen (yang kayaknya sih equal ya komen positip sama negatipnya). Dari awal liat postingan sang diva gw mikir ini orang anti mainstream banget dan seperti ada misi mengedukasi publik bahwa cara yg benar dalam membesarkan anak adalah cara dia. Ya nggak papa sih ya, namanya juga first time mom, mamah baru anak 1 yang masih banyak belajar tapi sekaligus pengen sharing caranya ngurus anak. Dan seleb pula, jadi ibaratnya dia ngebiarin anaknya nyeker pun bisa aja gitu di bash netijen.

Monday, 12 February 2018

Roadtrip to South Coast and South West - January 2018


Mengawali tahun 2018, kita jalan-jalaaan.. Udah lama banget sebenernya pengen ngajak Ghani roadtrip ke Albany, tapi baru bisa kejadian tahun ini, pas kebetulan Mama sama Arya juga lagi disini. Perjalanan nya cukup panjang nih, dari Perth menuju Albany kurang lebih 5 jam. Nginap semalam di Albany, besoknya kita lanjut ke Denmark dan Pemberton. Nginap lagi semalam disana, besoknya menuju Margaret River. Nginep semalam disini, lalu hari terakhir balik ke Perth lewat Busselton. Total 4 hari 3 malam.