Monday 23 July 2018

Third Trimester


Begaah banget rasanya. Kali ini pembawaan gw betul-betul jompo deh. Perasaan waktu hamil Ghani dulu gw lebih jagoan dan perkasa, seolah-olah mau membuktikan bahwa dalam kondisi hamil pun gw nggak manja, apa-apa bisa sendiri, dan kekuatan fisik masih sama seperti perempuan lain yang nggak sedang hamil. Dan emang waktu itu gw bisa banget sok-sok enteng dan jagoan gitu. Apakah umur mempengaruhi, mengingat waktu hamil Ghani dulu gw masih umur (late) 20s?

Nah kalo sekarang? Berubah posisi dari duduk ke berdiri aja udah nggak bisa langsung jalan. Harus diem dulu sebentar menyeimbangkan diri, baru pelan-pelan melangkah, itupun tulang pinggang pantat paha cekit-cekit semua. Apalagi kalo udah kelamaan duduk di sofa. Udah deh bisa stuck di posisi itu lama banget. Istilahnya kalo nggak perlu-perlu amat, gw nggak mau bangkit hehehehe..

Sejak trimester kedua juga gw sering mengalami susah tidur. Emang badan udah nggak enak kan rasanya, untuk pindah posisi itu kayak susah dan berat banget gitu. Ditambah lagi, sekarang gw jadi sering ngorok! Siklusnya tuh biasanya: berusaha tidur, lalu pules dan ngorok, lalu kebangun karena kaget sendiri denger suara ngorok gw yang kenceng banget. Terus berusaha tidur lagi, dan gitu aja terus siklusnya diulang sampai subuh -_-

Tapi ya tak apalah, kekurangan tidur masih bisa ditolerir. Tidur yang gw punya sekarang kayaknya tetep akan lebih banyak daripada waktu tidur yang akan gw punya nanti setelah resmi punya 2 anak hehehe.. Inget banget jaman Ghani bayi dulu, dia kebangun tiap 2 jam sekali! 2 jam sekali itu laper ya, belum lagi kalo nappy nya basah, in between itu dia akan nangis meraung-raung minta fresh nappy. Mamak mata panda udah jadi pemandangan sehari-hari deh. Tapi waktu itu kan anak masih satu, jadi gw bisa bangun agak siang tergantung si bayi kebangun jam berapa. Kalo nanti kan nggak mungkin dong, karena ada kakaknya yang harus dikasih sarapan, diajak main dan diantar ke daycare/sekolah. Huaaaa gimana ini gimana ini...


Tenang, tenang.. It's all in the mind. Kalo gw mikir gw bisa pasti gw akan bisa. Semangaatt.. Oh iya hari Jumat kemarin ini gw baru tes gula darah. Berharap banget mudah-mudahan gw nggak ngalamin yang namanya gestational diabetes, karena ini bakal ribet banget dan jadinya nggak sehat untuk gw dan bayi. Sehabis makan bakalan harus tes darah, harus wajib ikut kelas-kelas diabetes yang diadain sama hospital, harus rajin kontrol, dan bisa-bisa harus diinduksi sebelum due date nya. Hari Kamis nanti gw baru akan ketemu dokter untuk liat hasilnya. Mudah-mudahaan semuanya baik-baik aja yaa, amiinnn..

Tendangan-tendangan di dalam perut juga udah semakin kerasa nih. Perubahan di badan gw juga udah banyak banget, berat badan udah naik 10-12 kilo, walaupun usia kehamilan baru 7 bulan hihihi.. Memang gw bawaan nya laper melulu sih, jadi kenaikan segitu itu gw anggap ya wajar deh kalo dibandingin sama banyaknya makan gw.

Gw juga merasa insting untuk nesting gw udah mulai muncul. Rasanya pengeeeen banget cepetan beres-beres rumah. Pengeeen segera nyiapin kamar bayi. Tapi gimana, waktu dan energi gw kok jadi terbatas banget gini. Jadinya apa-apa tergantung Yusuf dan itu nggak enak banget! Ganti sprei pun ku tak sanggup.. Adegan bungkuk2 dan angkat2 kasurnya itu lho yang menyeramkan. Kalo urusan laundry dan mandiin/main sama Ghani sih gw masih okee.. Terus itu rumah yang kemarin kita tinggal 3 minggu, tiba-tiba pas kita balik kan rumputnya udah tinggi2.. Ya ampun gelisah banget pengen gw guntingin.. Tapi ya itu, bungkuk2 untuk waktu lama kan encok juga sister.. Dorong lawn mower sendiri juga mana kuaatt.. Mana akhir-akhir ini hujan terus pas weekend. Sejak minggu pertama kita disini masih belum sempet 'nyentuh' taman karena 1) Yusup opname dan 2) Weekend kemarin sabtu minggu hujan badai.

Ingin rasanya panggil gardener aja, suruh motongin rumput dan beberes taman. Tapi sejujurnya we can't afford it at the moment.. Bayar gardener untuk urus taman kita bisa ratusan dolar. Better di save buat beli carseat kaaan.. Oh iya sekarang karena udah memasuki 7 bulan, jadi boleh mulai beli-beli hehehe.. Kemarin sempet ada sale onesies Bonds half price. Gemes2 motifnya dan Ghani dulu nggak punya yang ukuran newborn. Pengen banget beli tapi masih 'takut' kecepetan. Sempet juga pengen nyetok wipes dan nappies, tapi baru bisa mulai minggu2 ini deh kayaknya. Pas udah bisa mulai belanja, eh sale nya udah pada kelar huahahahaha.. Kenapa ya timing nya kok nggak pas...

Baiklah segitu dulu update nya. 12 more weeks (or less) until we can cuddle the baby! Semoga waktu lahirnya nanti semua udah siap yaa, ya mental kakaknya siap, barang2nya siap, tabungan tidur ibunya juga siap hehehehe :D Sehat, sehat, sehat ya anakku..

No comments:

Post a Comment