Monday 12 February 2018

Roadtrip to South Coast and South West - January 2018

Mengawali tahun 2018, kita jalan-jalaaan.. Udah lama banget sebenernya pengen ngajak Ghani roadtrip ke Albany, tapi baru bisa kejadian tahun ini, pas kebetulan Mama sama Arya juga lagi disini. Perjalanan nya cukup panjang nih, dari Perth menuju Albany kurang lebih 5 jam. Nginap semalam di Albany, besoknya kita lanjut ke Denmark dan Pemberton. Nginap lagi semalam disana, besoknya menuju Margaret River. Nginep semalam disini, lalu hari terakhir balik ke Perth lewat Busselton. Total 4 hari 3 malam.

Sampe Albany, makan dulu dong kita di Whale World. Waktu itu lagi penuuh banget, jadi kita nunggu lumayan lama sampai makanan nya dateng. Rasa standard sih, tapi enak bisa duduk di patio menghadap laut.

Selesai makan, kita langsung menuju The Gap Natural Bridge. Pas disini anginnya kenceeeng banget-banget. Jadi disini nih ceritanya ada jembatan alam yang terbuat dari bebatuan. Di sebelahnya ada gap yang kalo angin kenceng tuh bikin air lautnya menghantam si gap ini sampai nyiprat kemana-makan kayak hujan. Pemandangannya baguus, cuma jadi agak sedikit sendu aja karena mendung.

Dari The Gap, kita langsung menuju Albany Wind Farm. Angin masih kenceng banget, tapi setidaknya disekitar situ bukan laut, jadi nggak ada hujan-hujanan yang mengganggu. Wind turbines nya ini kan tinggi-tinggi banget, jadi untuk bisa foto sejajar sama mereka kita harus jalan mendaki agak naik ke bukit gitu. Lumayaaan excercise ya ini fotonya aja masih sambil ngos-ngosan huahahah. Dari situ kita langsung check in ke hotel. Hotelnya enaak, kita pesen unit (mirip apartment) 2 kamar, ada dapur lengkap, ruang makan dan ruang tv juga. Karena udah capek juga, akhirnya kita memutuskan untuk menikmati hotelnya aja, Yusuf sama Arya takeaway KFC untuk makan malem. Lega rasanya bisa duduk dan selonjoran tenang setelah 5 jam perjalanan dan jalan kaki nanjak lawan angin + hujan.

Besok paginya setelah sarapan, kita check out dan explore kota Albany lagi. Pertama jalan-jalan di sekitar jembatan deket Entertainment Centre. Terus lanjut ke Amity Brigs liat kapal museum.

Lucu juga kotanya kan agak kuno gitu, jadi pengen foto-foto terus rasanya. Tapi nggak bisa lama-lama nih disini, karena kita harus meluncur ke Denmark. Di Denmark (WA ya bukan Eropa) kita beli pie, lalu makan sambil piknik di pinggir danau. Danaunya penuh burung dan bebek, seneng banget Ghani main kejar-kejaran samab bebek disitu..

Setelah kenyang, baru deh kita ke pantai! Kalo nggak salah nyetir kira-kira 45 menit dari kota Denmark ke Greens Pool. Disana ada bebatuan yang bentuknya seperti punggung2 gajah, jadi disebutnya Elephant Rocks. Ini juga jalannya harus nanjak-nanjak nih, melelahkan juga buat ibu-ibu.

Setelah puas main air, kita ganti baju lalu berangkat lagi menuju Tree Top Walk. Ini tempatnya pepohonan tinggi-tinggi dan besar, lalu dibuat jembatan yang bikin kita bisa jalan sejajar dengan pohon-pohon itu. Ghani sih seneng aja, dan ternyata dia nggak takut ketinggian sama sekali. Hebat anak kecilnya Mamaaa..

Sebenarnya disana lumayan lama juga, karena menjelajahi hutan kan ceritanya. Dan Ghani seneng banget main petak umpet dibalik pohon-pohon. Gw udh senewen aja liatnya, ngeri ada binatang menyeramkan muncul dari balik daun... Kayaknya setelah dari sini kita check-in ke hotel deh. Kali ini hotelnya nggak seperti unit apartment, tapi ada 1 kamar besar yg ada meja makan nya, terus ada 1 ruangan tambahan (yg juga besar) isi 2 tempat tidur. Agendanya malam ini adalah makan pop mie! Soalnya di sekitar situ nggak ada restoran, satu-nya pilihan hanya pesen di hotel dan pilihannya kurang menggoda. Kok malah lebih tertarik sama pop mie ya..

Besok paginya check out, terus kita lanjut ke Cape Leeuwin Lighthouse. Cafenya disini enak, jadi kita sekalian makan siang dan ngopi2. Dari situ bisa memandang langsung ke Southern dan Indian Ocean ceritanya...

Oke setelah kenyang, lanjuut perjalanan menuju Margaret River. Disini kita mampir dulu liat Cave. Kalo nggak salah yang kita kunjungi waktu itu Mammoth Cave deh, tapi sejujurnya gw lupa apa nama cave nya saking lamanya itu perjalanan yang di tulis2 hahahaha

Cave nya bagus banget kalo liat langsung. Sayang difoto kurang keliatan. Melelahkan juga ini naik turunnya. Untung aja pas kita kesana Ghani bobo di mobil, karena kalo dia harus ikut masuk cave bakal repot banget harus gendong naik turun. Jadinya Yusuf nemenin Ghani di mobil deh.

Selesai explore cave naik turun tangga, kita ke hotel deh. Taro barang, bersih2 sebentar lalu keluar cari makan. Sempet mampir ke nougat factory, tapi sayang banyak minuman yg udah abis jadi gak terlalu banyak pilihan. Dari situ kita take away beli kebab dan pizza untuk dinner. Tempatnya rame, tapi rasanya jauh enakan kebab2 dan pizza ala Perth deh. Capek juga rasanya muterin kota jalan kaki, akhirnya sebelum maghrib kita udah balik ke hotel. Mandi dan leyeh2 nonton tv sambil makan.

Besoknya di perjalanan balik menuju Perth kita mampir dulu untuk breakfast di Margaret River Chocolate Company. Standar sih, tapi Ghani menikmati banget makan coklat croissant for breakfast dan choc cake..

Dari situ kita terpaksa balik ke hotel karena ditelpon sama mereka, katanya ada boneka gajah ketinggalan di bawah selimut. Ya ampuun untuung aja masih sempet balik, itu boneka kan temen tidurnya Ghani banget, kalo sampe ilang dia pasti nyariin meluluu.. Kelar urusan gajah, lanjut deh kita menuju Perth lewat Busselton. Beli eskrim, terus naik train nya di sepanjang jetty. Jetty ini panjaang banget kalo nggak salah 2 km. Alhamdulillah cuaca cerah, langit biru laut biru, banyak burung2, dan hawanya sejuk enak.

Akhirnya selesai deh perjalanan kita. Alhamdulillah semuanya lancar, walaupun perjalanan cukup melelahkan tapi Ghani enjoy aja, nggak ada yg mendadak flu/meriang, pokoknya happyy banget. Semoga sering-sering yaa bisa jalan-jalan begini :)))