Tuesday 6 December 2016

My November Books



Seseorang bisa dibilang bookworm itu kalo udah bisa baca berapa buku dalam setahun sih? Bisa dibilang gw ini sama sekali bukan bookworm, soalnya kalo baca buku itu males-malesan, karena rasanya lebih 'capek' daripada nonton film/tv series. Perlu waktu lebih lama, butuh konsentrasi dan kemampuan berimajinasi yang lumayan, dan mood yang pas. Pokoknya butuh effort deh.

Dulu waktu SMA sih gw seneng banget baca buku, tapi perlu waktu lumayan lama buat menyelesaikan 1 buku. Saat itu belum ada smartphone apalagi social media kan, jadi kalo lagi 'nongkrong' di toilet pasti disambi baca buku. Belom ada Youtube dan Instagram segala apalagi group chat hehehe, jadi bener-bener no distraction.. Jaman itu, rak buku gw lumayan deh penuh dengan buku-buku young adult dan Chicken Soup series. Rak bukunya kecil sih, bukan yang ala ala library gitu. Dalam setahun, mungkin gw bisa baca 5-6 buku.



Nah 3 tahun terakhir ini, paling gw cuma baca 1 buku per tahun. 2013 gw menyelesaikan baca ebook tentang perselingkuhan (true story) yang gw lupa judulnya. 2014 gw baca ebook Twenty Eight and a Half Wishes dan langsung tamat. 2015 gw baca buku Tiger Mom nya Amy Chua. Baru kerasa deh kalo baca buku beneran itu rasanya lebih menyenangkan daripada baca ebook. Nah awal bulan ini, gw nemu free pdf nya Gone Girl, langsung download dan sekarang masih berjalan sepertiga buku. Lama amat bacanya.. Nggak sabar pengen segera selesai deh..

Entah kenapa, gw jadi rindu rasanya pegang buku dan baca dengan tekun gitu kan. Akhirnya browsing2 lah di Book Depository. Nyari-nyari nggak jelas, sampe akhirnya gw click click beli bukunya Mindy Kaling yang Is Everyone Hanging Out Without Me sama Celeste Ng's Everything I Never Told You. Yang satu buku lucu-lucuan mini biography ringan, satunya cerita family drama/crime fiction yang harus pake sedikit mikir. Belum juga dateng bukunya, gw udah beli lagi buku Raising Everyday Heroes gara-gara liat review di sebuah forum parenting. Gw kan gampang banget ikut-ikutan, kalo ada yg bilang bagus, gw langsuung ikutan baca. Tapi ini emang menarik banget kok, cucok buat orang tua yang lagi belajar cara ngebesarin anak jadi orang yg berguna bagi dirinya sendiri dan juga orang sekitar.

Terus baca-baca Goodreads, jadi tertarik beli The Reason I Jump nya Naoki Higashida. Originally, buku ini ditulis oleh Higashida, seorang anak Jepang yang autistik berusia 13 tahun. Dia menjelaskan panjang lebar soal apa yang ada di pikiran dia selama ini, kemudian di translate ke bahasa inggris oleh  David Mitchell. Konsepnya sih kayak Q&A gitu. Pengen banget cepet-cepet baca ini, karena review nya bagus. Mixed reviews sih, ada yang bilang Mitchell terlalu banyak nambah2in ekspresi/kata-katanya sendiri ke dalam buku ini sehingga banyak pembaca merasa isinya udah nggak original tulisan Higashida. We'll see, we'll see..

Rencananya setelah semua buku ini tamat, gw pengen baca What Alice Forgot. Again, gara-gara keracunan Goodreads gw jadi pengen ini pengen itu. Mumpung semangat membaca nya masih ada ya kan, entah berapa lama ini bertahan. Siapa tau setelah tamat semua gw malah 'trauma' pegang buku karena sekarang terlalu menggebu-gebu hahahaha.. Total bulan ini gw baca 4 buku, 2 udah selesai, jadi tinggal 2. Di rumah gw switching between Gone Girl and Everything I Never Told You, tergantung mood. Lunch time di kantor gw baca Raising Everyday Heroes. Makanya bacanya kayak keong jadi nggak kelar-kelar..

Buat yang lagi seneng baca dan suka beli paper book, gw sangat recommend BookDepository deh. Sering diskon, selalu free shipping (walaupun nyampe nya kadang agak lama), dan nyari buku apa aja ada disitu. Selamat membaca :)

No comments:

Post a Comment