Wednesday 11 May 2016

A Mother by Nature, A Worker by Choice

Sebenernya gw merasa bisa kerja part time itu merupakan suatu privilege ya.. Coba bayangin, kalau seandainya kantor gw bukan tipe yang family oriented, atau seandainya kita tinggal di Indonesia, pasti susah banget dapetin kerjaan part-time. Nggak cuma hari kerja nya, tapi kantor ini juga understanding banget terhadap absentee ibu2 yang punya anak kecil. Tapi namanya juga ibu ibu, rasanya masih ada aja saatnya gw ngerasa ini nggak 'pas'.

Awalnya setelah balik dari maternity leave, gw kerja 3 hari seminggu. Baru sebulan terakhir ini gw naikin jadi 4 hari seminggu, dimana hari Kamis gw alokasikan buat Ghani. Pokoknya gw pengen ada at least 1 hari weekday dimana gw bisa spend waktu sama dia. Entah ke playgroup bareng, playdate, ke library, atau sekedar main-main di rumah aja, pokoknya bisa sama-sama. Kenapa gw tambahin kerja jadi 4 hari? Soalnya gw merasa karir gw lebih bisa berkembang kalo gw kerja lebih banyak. Nggak semua posisi di kantor membolehkan workernya kerja part time, biasanya require full time atau at least 4 hari seminggu.

Nah jadi ya gitu... Harus memilih antara kerja part time tapi karir stagnan, atau ubah jadi full time dengan chance bisa naik level. Untungnya setelah negosiasi dengan Boss gw, dia membolehkan gw apply untuk posisi di atas gw sekarang tanpa harus kerja fulltime, 4 hari saja cukup. Phiuhh..

Sekarang di saat2nya gw lagi mempersiapkan diri untuk posisi itu, mendadak Ghani kena virus. Seperti yg udah gw ceritain di postingan sebelum ini, Ghani sempet panas tinggi 3 hari. Ternyata setelah panasnya turun tiba-tiba muncul rash di sekujur badan. Dokter udah confirmed kalo ini semua gara-gara virus. Emang setelah muncul rash ini virusnya udah nggak nular, tapi tetep dia harus istirahat di rumah sampai hari Rabu.

Dari Jumat sampai Rabu Ghani nggak 'sekolah', artinya gw harus ambil carers leave 4 hari. Nah sebenarnya sejak hari Senin Ghani nya sih udah biasa aja, hanya napsu makan nya aja berkurang drastis. Selasa rash nya udah bersih, dan dia nampak kebosenan banget di rumah. Walaupun gw nemenin dia tapi kan pasti gw tinggal2 ke dapur yang masak lah, cuci piring lah, beberes ina-inu, mandi.. Yang akhirnya dia jadi malah banyak nonton tv. Akhirnya sorenya gw bawa ke dokter untuk minta clearance note. Jadi kalo anak habis sakit itu boleh balik masuk daycare lagi dengan bawa surat keterangan sembuh.

Jujur keinginan gw untuk masukin Ghani daycare hari Rabu nya itu bukan 100% karena gw kasian sama dia yang nggak ngapa-ngapain di rumah, tapi ada juga unsur gw yang nggak enak kelamaan bolos. Baru 2 minggu yang lalu gw harus ambil 3 hari off karena Ghani kena conjunctivitis, masa' sekarang udah ambil another 4 days off. Gw nggak enak sama kantor, tapi gw juga merasa bersalah kenapa harus ngerasa nggak enak sih. Ghani is always on the very top of my priority, and he should be!

Setiap pagi, di perjalanan dari rumah ke daycare, gw selalu komat-komat sendiri berharap semoga hari itu berjalan baik-baik aja buat Ghani. Semoga dia senang, semoga carer nya disana genuinly sayang sama dia, dan seribu harapan-harapan lainnya. I just hate the thought of him being unhappy and it's because of the decision I made.

Alhamdulillah akhirnya hari ini (Rabu) semua udah normal lagi, yeayy.. Ghani sekolah, mama kerja. Dan bener aja, pas sore-sore dijemput Ghani nggak mau pulang lhooooo... Dia senyum-senyum liat gw dateng, tapi tetep asik dengan mainannya, tetep seru ngobrol dengan temen-temennya pake bahasa bayi. Carer nya bilang dia happy banget, makan banyak, tidur lama.. Kadang laporan-laporan kecil kayak gini yang bikin gw terharu dan sangat bersyukur, Mudah-mudahan, situasinya semua akan selalu se kondusif ini ya Nak..

I love you, anak baik.. Here's to the ideal work-life balance :) :) :)


No comments:

Post a Comment