Sunday 3 April 2016

Ghani 17 Bulan - Ada Apa?

Entah kenapa sejak minggu lalu gw merasa ada sedikit yang berbeda dari Ghani. Sejak selasa-jumat itu, Ghani jadi lebih sering cranky, less settle at night, beberapa kali tantrum. Biasanya anaknya ceria, makan banyak, suka susu (walau banyaknya minum susu setiap harinya nggak selalu sama), dan dia cukup independent. Main ditemenin ayo, main sendiri juga oke. Nah ini tiba-tiba kok jadi clingy banget.

Pernah suatu hari dia pulang dari daycare kan di rumah langsung minum susu dan mandi, siap2 nap sore. Udah keliatan dia ngantuk banget tuh, waktu ditaro di cot udah mau merem matanya. Setelah bye bye gw tinggal ke luar kamar, baru sadar kalau itu udah mau maghrib. Kata Yusuf mendingan gw istirahat aja di kamarnya, sekalian nemenin biar dia nggak sendirian. Eehh pas gw masuk dia malah langsung kebangun, narik2 selimut gw dari balik jeruji cot nya, terus nangis2 karena dicuekin. Biasanya memang setelah ditinggal dia nggak pake nangis langsung bobo. Terus emang suka agak 'keganggu' sih kalo ada orang lain di kamarnya, malah jadi nggak bisa tidur. Lalu nangisnya berlanjut sampe setengah jam nggak berenti-berenti. Ya udah, sekalian aja gw bangunin, lepas sleeping bag nya terus ajak keluar kamar.

Diluar kamar masih nangiiiiiss aja sampe bengep mukanya. Setelah dihibur pake kartun lumayan mau tenang sih. Makan malemnya juga lumayan banyak dan cepet selesai. Malemnya alhamdulillah cuma kebangun 2-3 kali nangis, terus dia tidur sendiri tanpa kita harus masuk ke kamarnya. Beberapa malam setelahnya juga sempet dia nangis banget-banget waktu lagi tidur, padahal biasanya nggak pernah gitu.

Laporan dari daycare sih dia makan breakfast - lunch - afternoon tea nya abis terus. Jadi seharusnya Ghani cranky bukan karena laper, tapi gw akan double check lagi nanti minta detailnya dia gimana makan dan minum susunya disana. Jangan2 makanan nya habis karena dihawur-hawur ke meja-lantai, bukannya masuk mulut. 

Di rumah juga dia jadi lebih sering nangis. Ditinggal main sendiri, ngambek. Diajak gambar nggak mau, maunya rewel nempel mama. Waktu weekend, kita ajak main ke rumah Aisha. Nah Aisha ini suka nempel gw, jadi gw gemes kan suka gendong, mangku, ajak main dia. Ghani kalo liat dong, duh jealous nyaaa... Berusaha sekuat tenaga banget untuk ngusir Aisha dari pangkuan gw hahaha.. Padahal anaknya nggak pernah gini sebelumnyaa.. Beneran dia itu cuek, tipikal anak cowo yang nggak manja-manjaan ke mamanya deh.

Klimaksnya hari minggu kemarin ini. Minum susu waktu bangun tidur cuma sedikit. Sarapan oke lah lumayan, abis satu porsi. Terus kita ajak pergi, selama di perjalanan dan di tempat tujuan itu dia nggak mau susu sama sekali. Di bawa ke foodcourt, nggak mau makan (gw beliin sweet pumpkin and couscous salad) padahal udah dihibur pake Mother Goose Club dan dia kan doyan pumpkiiin.. Tapi nope, masuk mulut belom dikunyah belom diapa2in udah dilepeh. Ya udah dibawa muter2 aja di stroller sampe akhirnya bobo. 

Di perjalanan pulang masih nggak mau susu. Sampe di rumah dia semangat main bola sih di teras belakang, abis itu gw mandiin dan siap2 makan. Makannya pinter, tapi pas mau bobo dia nggak mau susu. Ghani yang biasanya minum susu sampe kenyang, terus langsung minta ditaro di cot nya, ini tiba2 nggak mau susu dan malah nempel ke gw dengan anteng banget, minta kelonin! Ada apa iniii.. Terus waktu ditaro di cot nya malah nangis2. 

Akhirnya gw bikin campuran fresh milk sama devondale strawberries and cream milkshake sedikit, dengan asumsi dia masih agak laper sebenernya. Ini nggak boleh banget ya sebetulnya, soalnya kan gulanya banyaak. Tapi karena udah desperate gw paksa coba deh. Untungnya dia mau sih abis setengah botol. Abis itu bobo tenang sampai pagi. Sempet kebangun nangis tapi cuma sekali. Paginya bangun masiih nggak mau susu. Mau cuma 1-2 sip abis gitu udaah.. Sempet gw bikinin susu lagi dengan campuran sedikit formula. Lumayan keminum cuma 75ml -_-

Satu lagi yang gw notice, dia itu udah biasa deh jatuh kalo lagi jalan, entah kesandung entah kenapa. Pokoknya kalo jatuh ya cuek aja berdiri lagi jalan lagi. Eh kemarin ini kok jatuh biasa doang, yang nggak sakit, di playmatt pula, nangiiss lhoo...

Gw sampe mikir ini anak kok kelakuan nya kayak cari-cari perhatian dan clingy, seperti toddler yang jealous waktu baru-baru punya baby brother/sister gitu lhoo.. Padahal beneraan gw belum hamil lagi dan emang mudah2an jangan dulu ya hahahah..

Semoga ini hanya fase aja ya, nggak akan selamanya kayak begini. Dari yang gw baca2 di buku Wonder Weeks, toddler umur segini ini istilahnya lagi tahap pembentukan karakter. Mungkin dia lagi 'overwhelmed' aja dengan segala perubahan di sekitarnya dan di dalem dirinya sendiri. Mungkin dia lagi bosen di daycare. Mungkin dia liat temen2nya di daycare yang suka throw tantrum dan dia coba ikut2an. Apapun itu, semoga segera berlalu dan Ghani kembali ceria minum susu banyak dan makan banyak seperti dulu lagi ya Naak..

Mungkin juga ini udah waktu nya me 'nyapih' Ghani dari botol susu, dan waktunya minum susu pake gelas & straw cup. Mari kita lihat gimana perkembangannya..

Mama sayang Ghanii *muah muah muaaah*

No comments:

Post a Comment