Tuesday 26 January 2016

Anak Susah Makan

Hampir semua orang tua pasti pernah ngalamin masalah yang namanya GTM atau Gerakan Tolak Makan (atau mungkin juga Gerakan Tutup Mulut?). Gw pun pernah dan stress nyaaa ngadepin anak susah makan itu ternyata ngalah2in stress deadline kerjaan atau stress liat cucian dan setrikaan yang numpuk :(

Kenapa bisa se stress itu? Masalah utama nya sih kekhawatiran kita terhadap tumbuh kembang anak dong ya. Apalagi kalo dasarnya anak kita ngga gemuk atau berat badannya di ambang batas normal. Kedua, khawatir kalo hilangnya napsu makan anak ini akan bertahan 1-2 minggu, bahkan lebih. Waduh harus cari ide masakan apa lagi ini? Ketiga, sedih aja sih liat makanan yg udah kita siapkan dengan penuh semangat dan perhitungan dan kasih sayang, eeeh bukannya dimakan dengan lahap malah berakhir tergeletak di lantai. Huhuhuhu..

Kalo berdasarkan pengalaman Ghani makan 9 bulan terakhir ini (mulai solid umur 6 bulan, sekarang umurnya udah hampir 15 bulan) sih alhamdulillah sehari-hari nya dia makannya lahap dan lumayan banyak. Tapi tetep lah yaa ada masa-masanya nggak mau makan sama sekali, beberapa kali susah makan itu sebabnya juga macem-macem:
  • Waktu awal-awal mulai makan solid, mulutnya ditutup rapeeeet banget. Ini nggak mau, itu nggak mau. Mana waktu itu juga kita maunya dia makan makanan yg rasanya netral dulu kayak kentang, nasi, dan cerealia. Mashed potato dicampur asip nggak mau, nasi putih dijadiin bubur juga ogah. Masuk mulut paling 2-3 suap abis itu bhaaaayy, piring dilempar, mulut membik-membik mau nangis sampai akhirnya meronta-ronta minta turun ke playpen. Namanya juga baru belajar makan yaa, maklum aja kalo anaknya masih ogah-ogahan mencerna apapun selain susu.
  • Waktu lagi nggak enak badan. Keliatan dari matanya yang merah, idung mbeler, Ghani jadi lebih rewel dan clingy. Liat sendok mendekat ke mulutnya, udah langsung pecah tangisan. Kalo ini sih maklum banget, pasti tenggorokannya sakit jadi nggak enak buat dipake nelen makanan.
  • Waktu mau tumbuh gigi. Idem sama tenggorokan sakit, mulutnya pasti nggak enak buat dimasukin makanan. Nggak bisa nggigit pake gusi, atau gusi cenut cenut rasanya. Ini sama aja kayak kita kalo lagi sariawan kali ya, orang dewasa aja bisa jadi males makan, apalagi anak kecil kan?
  • Lagi sembelit. Ini biasanya terjadi kalau Ghani hari itu pup nya sedikit, tapi perutnya kelihatan gendut. Jadi udah pasti dia merasa perutnya nggak enak nih, penuuh dan kayak kenyang terus kali ya.
  • Waktu baru ngalamin milestone yg 'major' kayak misalnya baru bisa merangkak atau baru bisa jalan. Pasti bawaan nya jadi nggak betah duduk di highchair, maunya eksplor skill barunya terus jadi pengen cepet-cepet 'melantai' -_-
Nah kalo udah gini, gimana cara menyikapi nya? 
  1. Yang jelas kita harus tenang. Klise banget emang, udah setres ngeliat anak nggak mau makan gimana bisa tenang coba?? Ternyata bisa, kalo kita inget satu hal: toddler/children refuse to eat is PERFECTLY NORMAL. Selalu ada masanya anak seperti itu. Oh, satu lagi: anak nggak akan membiarkan dirinya kelaparan. Ketika dia merasa laper, pasti akan mau makan juga. Atau paling tidak minum susu lebih banyak daripada biasanya.
  2. Offer different varieties of food. Karena anak-anak ini kan masih belum banyak juga ya pengetahuan tentang makanan nya, jadi ini kesempatan kita utk ngasih mereka coba macem-macem. Bahkan makanan yg kita nggak suka (tapi tetep terhitung makanan sehat), siapa tau anak nya ternyata malah doyan.
  3. Duduk bareng saat makan. Maksudnya kita orang tuanya ya ikutan sama-sama makan juga, santai aja sambil ngobrol haha hihi sama suami, sambil bilang "hmmmm, enaaaakk.." atau komentar2 positif lainnya soal makanan. Biasanya kalo anak-anak lihat, mereka akan tertarik sama apa yang kita makan, terus mereka minta deh. Kasih coba ke mereka makanan kita, tapi sambil acting seolah-olah itu biasa aja, jangan terlalu heboh nanti mereka malah sadar kalo lagi di 'judge' soal makannya hehehehe.. Intinya, buat sesi makan itu sebagai kegiatan yang menyenangkan. Kalopun ternyata makanan yang kita kasih itu dilepeh/dibuang, cuekin aja tetep makan...
  4. Kasih sedikit-sedikit makanan, tapi sering. Batasi mereka duduk di highchair 30 menit aja, kalo mereka lagi nolak-nolak makan (tapi kalo mereka nya lagi asik menikmati makanan ya terserah selama-lamanya mereka mau duduk aja). Dikasih roti sama keju cuma masuk beberapa suap terus anak bosan, ya udah disuruh main aja dulu. Setengah jam kemudian, balikin ke highchair, tawarin buah yang seger-seger. Kalo udah bosen, balik lagi ke roti dan keju sisa sebelumnya. Masih nggak mau juga? Ya udah suruh main aja lagi.. Sembari main, kasih smoothies isi buah2an dan sayur (coba google resep2 smoothies) - ini untuk anak yg udh agak besar yg udah bisa pakai sedotan yaa.. Biasanya yang dominan kan rasa manis buahnya tuh, sayurnya nggak terlalu berasa. Yang penting ada serat masuk perut deh..
  5. Selalu sedia makanan kesukaan anak, buat last resort. Untuk Ghani, yang gw tau makanan kesukaan nya itu buah pear, pepaya, jeruk, keju slice, ikan, telur, weetbix pake pisang, jeruk, omelette pake buncis, pasta, roti, ubi, kentang. Nah jadilah gw selalu sedia makanan2 tersebut di kulkas. Supaya lebih 'bersayur', pear nya gw jadikan pudding ditambah bayam. Kukus pear + bayam sampe lunak, lalu blender sampai halus. Campur sedikit air dan bubuk agar-agar sampai tercampur rata, tambahkan yg udah diblender tadi, masak diatas api sampai mendidih. Masukin cetakan dan dinginkan deh. Enak, seger pula. Beneran bayamnya nggak kerasa sama sekali, padahal banyak.
  6. Coba-coba metode makan yang paling cocok nggak hanya untuk anak, tapi juga untuk kita. Baby led weaning (BLW) kah? Atau spoon-fed method alias disuapin? Gw mix keduanya, karena nggak selalu punya waktu untuk BLW (ini perlu waktu lebih lama sampai bisa makanan nya bener-bener masuk mulut dan perlu waktu utk beberes bekas2nya). Jujur gw lebih seneng bikin pure sekaligus banyak, dengan berbagai macem bahan. Di portion terus di freeze. Waktu mau makan tinggal di hangatkan aja. Ini lebih cepet dan kalo anak lagi pinter makannnya, dia tinggal hap hap hap aja nggak sampe 20 menit udah habis.
  7. Ini cara terakhir banget dan mudah-mudahan nggak harus sering2 dipakai ya jurus ini. Sambil makan, distract anak dengan tontonan yang dia suka. Bisa taruh highchair di depan tv, atau sambil disuapin sambil kasih liat video di ipad, pokoknya apapun yang bisa men distract perhatian anak dari makanan tapi tanpa sadar tiap disuapin mulutnya mau mangap dan ngunyah heheheh.. Coba kasih liat video anak seumurannya lagi makan di youtube. Biasanya ini juga jadi memotivasi dia untuk meniru apa yg dia tonton. Sebelum kasih tontonan, coba dulu kasih mereka pegang centong/sendok nasi atau apapun lah alat dapur yang aman untuk dipegang2. Biasanya mereka seneng tuh main2in alat dapur trus dibunyi2in gitu, nggak sadar hap hap haaap abis deh makanannya.
Ini gw cuma berbagi pengalaman dari apa yang gw baca dan terapkan yaa.. Sekalian buat refleksi juga sih, supaya nanti kalo (jangan sampe) anak ke dua susah makan, gw bisa balik ke postingan ini dan menerapkan apa yg udah dicoba ke Ghani. Gw juga pernah nyeseeeel banget karena sempet marahin Ghani waktu dia umur 7 bulan, di highchair nya karena nggak mau makan. Anak 7 bulan ngerti apa sih kalo dimarahin? Paling ya nangis aja, tapi nangis nya Ghani waktu itu bener-bener yang kaget baru pertama kali itu liat mamanya marah. Tapi penyesalan ngga ada gunanya juga, seandainya aja dulu gw tau bahwa anak susah makan itu normal, pasti gw akan lebih 'cool' menghadapinya :(

Good luck untuk semua Mamas yang lagi menghadapi anak susah makan, semoga segera ketemu solusi yang cocok yaaaa...


No comments:

Post a Comment